Pemkot Banjarmasin Akan Pasang Wifi di Perkampungan untuk Sekolah Jarak Jauh

Antara ยท Jumat, 31 Juli 2020 - 09:18 WIB
Pemkot Banjarmasin Akan Pasang Wifi di Perkampungan untuk Sekolah Jarak Jauh
Wali Kota Banjarmasin Ibnu Sina (Foto: Humas Pemkot Banjarmasin)

BANJARMASIN, iNews.id - Pemerintah Kota Banjarmasin, Provinsi Kalimantan Selatan akan memasang pemancar Wifi gratis di wilayah perkampungan padat penduduk. Tujuannya untuk membantu pelaksanaan sekolah jarak jauh (SJJ) pada masa pandemi Covid-19.

Pemerintah Kota Banjarmasin belum mengizinkan proses belajar mengajar di sekolah secara tatap muka, karena sebagian besar wilayah masih zona merah.

Wali Kota Banjarmasin H Ibnu Sina mengatakan program pemasangan pemancar Wifi gratis dilakukan di sekitar lokasi kelurahan hingga ke tingkat RT dan RW. Langkah ini menindaklanjuti keluhan para orang tua terkait penggunaan kuota internet.

"Ini salah satu solusi yang ditawarkan pemerintah kota dalam rangka menindaklanjuti keluhan para orang tua terkait kuota habis. Mkanya ditawarkanlah program ini dan diawali dengan dana CSR," ucapnya di Banjarmasin, Kamis (30/7/2020).

Untuk tahap uji coba, kata Ibnu Sina, akan dipasang pada lima sampai delapan titik pemancar Wifi di kawasan Jalan Kelayan A, Kelayan B, Sungai Andai, Teluk Dalam dan di Kampung Melayu.

"Kita harus melihat juga keandalan dari jaringan dan bandwithnya apakah memungkinkan, sehingga dipilihlah kawasan-kawasan padat penduduk, seperti Kelayan A, Kelayan B, kemudian di Sungai Andai, Teluk Dalam, kemudian lagi di Kampung Melayu. Jadi tidak semua kelurahan, ini kita uji coba dulu, apakah kuat," ucapnya.


Editor : Faieq Hidayat