Gara-Gara Ada Anggota Dewan Tak Isi Absensi, Rapat Paripurna DPRD Banjarmasin Gaduh

Suhardian ยท Kamis, 30 Juli 2020 - 15:27 WIB
Gara-Gara Ada Anggota Dewan Tak Isi Absensi, Rapat Paripurna DPRD Banjarmasin Gaduh
Rapat paripurna DPRD Kota Banjarmasin membahas dua pengesahan Peraturan Daerah (Perda) sempat gaduh, Rabu (29/7/2020). (Foto: iNews/Suhardian).

BANJARMASIN, iNews.id - Rapat paripurna DPRD Kota Banjarmasin yang membahas dua pengesahan Peraturan Daerah (Perda), Rabu (29/7/2020) kemarin sempat gaduh. Persoalan itu dipicu oleh interupsi dari salah satu anggota dewan yang dianggap mengganggu kelancaran sidang, karena hadir tanpa mengisi absen.

Interupsi yang dilakukan anggota dewan dari Fraksi Golkar, Sukrowardi, memancing emosi anggota lainnya. Selain dinilai mengganggu jalannya rapat, prilaku Sukro juga melanggar tata tertib.

Kehadiran Sukro dianggap tidak sah, lantaran tidak mengisi daftar hadir yang disiapkan pihak sekretariat.

Ketua Badan Kehormatan DPRD Banjarmasin, Abdul Gais, langsung memberikan teguran keras dan meminta untuk mengisi absen sebelum berbicara.

“Tadi ada anggota yang mau berbicara tapi ternyata dia belum absen, itu melanggar tatib makanya kami tegur,” katanya.

Sementara Sukrowardi mengaku terlambat datang sehingga lupa untuk mengisi absen. Dirinya menilai itu hanya administratif saja.

“Saya datang belakangan orang sudah ramai, saya langsung duduk dan itu kan hanya administratif saja yang penting fisik sudah hadir,” ujarnya.

Kegaduhan disaat berlangsungnya rapat paripurna yang dihadiri Walikota Ibnu Sina bersama jajaran Pemerintah Kota dianggap Ketua DPRD Harry Wijaya, merupakan hal biasa dalam demokrasi.

“Itu bagian dari demokrasi, tetapi memang harusnya sanggahan itu dibahas pada rapat sebelumnya di internal dewan,” kata Harry.

Rapat paripurna mengesahkan peraturan daerah tentang pertanggung jawaban pelaksanaan APBD tahun anggaran 2019. Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) menemukan beberapa kekurangan administratif yang jadi penyebab adanya sanggahan anggota dewan.


Editor : Abay Fadillah Akbar