Bupati HSU Nonaktif Ternyata Atur Pemenang Lelang Proyek Selama Menjabat

Antara ยท Selasa, 14 Juni 2022 - 08:00:00 WITA
Bupati HSU Nonaktif Ternyata Atur Pemenang Lelang Proyek Selama Menjabat
Bupati Hulu Sungai Utara Abdul Wahid dengan tangan diborgol langsung dibawa ke Rutan KPK untuk penahanan usai ditetapkan tersangka suap. (Foto: MPI/Raka Dwi Novianto)

BANJARMASIN, iNews.id - Bupati Hulu Sungai Utara (HSU) nonaktif Abdul Wahid rupanya mengatur siapa pemenang lelang proyek selama menjabat. Hal ini terkuak dalam persidangan, Senin (13/6/2022).  

Abdul Wahid merupakan terdakwa perkara tindak pidana korupsi proyek irigasi hasil operasi tangkap tangan (OTT) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Dalam fakta persidangan di Pengadilan Tipikor Banjarmasin yang dipimpin ketua majelis hakim Yusriansyah, terungkap dari saksi mantan Pelaksana Tugas (Plt) Kadis PUPRP HSU Maliki menyebutkan praktik curang lelang proyek pekerjaan di lingkup Dinas PUPRP HSU selama dia menjabat.

"Sebelum melakukan lelang proyek pekerjaan, saya terlebih dulu menyusun daftar pekerjaan lengkap dengan nama-nama kontraktor calon pemenangnya untuk disampaikan ke terdakwa," ujar Maliki, Senin (13/6/2022).

Saat bertemu meminta restu Bupati untuk pemenang lelang, terdakwa hanya mengingatkan komitmen fee atau jatah yang harus disetorkan oleh para kontraktor.

"Bupati setuju asal komitmen fee jelas. Jadi prinsipnya, pada dasarnya telah diketahui siapa pemenang proyek sebelum lelang diumumkan ke publik," ujarnya pula.

Editor : Nani Suherni

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: