Banjir Putus Akses Jalan Banjarbaru-Tanah Laut, Puluhan Warga Mengungsi

Antara · Rabu, 13 Januari 2021 - 20:41:00 WITA
Banjir Putus Akses Jalan Banjarbaru-Tanah Laut, Puluhan Warga Mengungsi
Petugas mendorong mobil yang terjebak banjir di jalan lintas Banjarbaru-Tanah Laut, Kalsel. (Foto: Antara)

BANJARBARU, iNews.id - Jalan lintas kabupaten di perbatasan Kota Banjarbaru dan Kabupaten Tanah Laut, Kalimantan Selatan, putus akibat terendam banjir setinggi 50 cm, Rabu (13/1/2021). Sejumlah pengendara yang nekat menerjang banjir terpaksa mendorong kendaraannya lantaran mati mesin.

"Untuk sementara kendaraan roda dua tidak bisa melintas di jalur sepanjang sekitar empat kilometer. Sedangkan mobil masih bisa meski ada beberapa juga yang mogok di tengah banjir," kata Kapolsek Banjarbaru Barat Kompol Andri Hutagalung.

Selain memutus akses jalan, banjir juga merendam 142 rumah rumah di Kelurahan Landasan Ulin Selatan, Kecamatan Liang Anggang, Kota Banjarbaru.

Adapun warga yang masih berada di posko pengungsian tercatat sebanyak 36 orang. Rumah mereka terendam banjir yang mencapai ketinggian satu meter.

Kondisi tidak kalah parah terjadi di Desa Gunung Raja Kecamatan Tambang Ulang dan Desa Benua Raya, Kecamatan Bati-Bati, Kabupaten Tanah Laut. Ketinggian air memutus akses jalan raya dan merendam rumah warga setempat.

Anggota Satuan Lalu Lintas Polres Tanah Laut mengalihkan arus kendaraan ke jalur alternatif baik dari arah Banjarmasin menuju Pelaihari ataupun sebaliknya.

Editor : Kastolani Marzuki