Usai Kawal Aksi Tolak RUU HIP, Ratusan Polisi Disemprot Disinfektan

Deny M Yunus ยท Jumat, 10 Juli 2020 - 21:00 WIB
Usai Kawal Aksi Tolak RUU HIP, Ratusan Polisi Disemprot Disinfektan
Ratusan personel polisi disemprot disinfektan usai mengawal demo tolak RUU HIP di Banjarmasin, Jumat (10/7/2020). (Foto: iNews/Deny M Yunus).

BANJARMASIN, iNews.id - Ratusan personel polisi disemprot disinfektan usai mengawal demo tolak Rancangan Undang Undang Haluan Ideologi Pancasila (RUU HIP) di Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Jumat (10/7/2020). Penyemprotan disinfektan ini sebagai upaya mengantisipasi penularan virus corona (Covid-19).

Penyemprotan dilakukan seorang petugas dari atas mobil Gegana Satbrimob Polda Kalsel. Sedangkan ratusan personel yang disemprot tetap berada dalam barisan usai mengikuti apel setelah mengawal aksi demo.

Wakapolresta Banjarmasin, AKBP Sabana mengatakan, penyemprotan ini merupakan protokol kesehatan yang wajib diterapkan dalam tatanan kehidupan baru. “Iya, kita wajib menerapkan protokol kesehatan, supaya terhindar dari virus corona dan pulang dengan rasa aman,” kata Sabana.

Dalam pengawalan aksi demo di depan Gedung DPRD Kalsel ini, polisi menerjunkan 300 personel anggota Polresta Banjarmasin dan jajaran Satbrimob dan Sabhara Polda Kalsel sebanyak tiga pleton. Jumlah keseluruhannya sekitar 500 personel.

“Alhamdulillah semua berjalan aman. Kita lakukan sesuai standar operasional, tidak ada hal-hal yang mencederai, kita laksanakan dengan mendahulukan upaya persuasif humanis. Personel juga tidak dipersenjatai dengan senjata api,” ujar Sabana.

Selain pengamanan, polisi juga turut mengimbau pengunjuk rasa agar selalu mentaati protokol kesehatan. Seperti menjaga jarak, serta menggunakan masker.

Kemudian, personel polisi juga membagikan permen, serta air minum gratis kepada para pengujuk rasa.

Aksi unjuk rasa penolakan RUU HIP ini melibatkan sebanyak 38 organisasi masyarakat yang beranggotakan sekitar 400 orang. Para pengunjuk rasa sebelumnya berkumpul di depan Masjid Raya Sabilal Muhtadin. Mereka kemudian bergerak ke Gedung DPRD Kalsel untuk menyampaikan aspirasi.


Editor : Abay Fadillah Akbar