Tak Hadir Daftar di KPU, Calon Wali Kota Banjarbaru Positif Covid-19

Deny M Yunus ยท Senin, 07 September 2020 - 09:31 WITA
Tak Hadir Daftar di KPU, Calon Wali Kota Banjarbaru Positif Covid-19
Bakal calon wakil wali kota Banjarbaru Wartono mendaftarkan diri ke KPU tanpa didampingi Aditya karena positif Covid-19. (Foto iNews/Deny M Yunus).

BANJARMASIN, iNews.id - Calon Wali Kota Banjarbaru, Aditya Mufti Ariffin dikabarkan terkonfimasi positif virus corona atau Covid-19. Akibatnya Aditya tidak hadir saat pendaftaran di KPU Banjarbaru.

"Pendaftaran pasangan bakal calon Aditya-Wartono bisa diterima dan berkas pencalonan maupun berkas calon memenuhi syarat sehingga bisa diproses lebih lanjut," ujar Ketua KPU Banjarbaru, Hegar Hidayat, di Banjarbaru, Minggu (6/9/2020).

Hegar mengatakan pasangan Aditya yakni Wartono tetap datang ke Kantor KPU Banjarbaru menyerahkan berkas pendaftaran, didampingi pimpinan partai politik pengusung seperti PPP, PDI Perjuangan, dan Partai Gerindra.

Meski pun tidak bisa hadir dan hanya terhubung melalui panggilan video dengan anggota KPU Banjarbaru, pencalonan pria yang akrab disapa Opie itu tetap bisa diterima komisi penyelenggara pemilu itu.

"Ketidakhadiran bakal calon ini, tidak menghalangi proses pendaftaran. Selama melampirkan surat keterangan hasil swab. Ketidakhadiran Opie secara langsung disiasati dengan secara virtual," ujar Hegar.

Menurut Hegar, Opie tidak diperkenankan mengikuti tes kesehatan, sebelum dinyatakan negatif Covid-19 berdasarkan hasil tes swab.

"Berdasarkan jadwal tes kesehatan terakhir pada tanggal 11 September nanti. Tapi untuk yang positif Covid-19, tidak ada pembatasan. Setelah swab berikutnya negatif, baru bisa kita berikan surat pengantar tes kesehatan di RSUD Ulin," kata Hegar.


Editor : Faieq Hidayat