Perangi Karhutla, Kapolda Kalsel: Tak Ada Tawar-menawar, Melanggar Hukum Akan Ditindak

Nani Suherni ยท Rabu, 03 Maret 2021 - 13:00:00 WITA
Perangi Karhutla, Kapolda Kalsel: Tak Ada Tawar-menawar, Melanggar Hukum Akan Ditindak
Pj Gubernur Kalsel Safrizal ZA dan Kapolda Kalsel Irjen Pol Rikwanto (Foto: dok Polda Kalsel)

BANJARMASIN, iNews.id - Kapolda Kalimantan Selatan (Kalsel) Irjen Pol Rikwanto tegas memerangi bencana  Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) tahun 2021. Rikwato tidak segan membawa ke jalur hukum bagi yang terbukti membakar lahan.

BMKG memprediksi, pada bulan Mei akan terjadi musim kemarau. Untuk itu dalam kurun waktu dua bulan ini yakni bulan Maret-April dilakukan kesiapan untuk menghadapi musim kemarau yang sering kali terjadi karhutla.

Kesiapan yang dilakukan meliputi kesiapan personel, peralatan, metode, dan koordinasi, semua dilakukan termasuk membentuk relawan-relawan di desa yang langsung memonitoring hutan lahan yang luas di wilayah Kalsel.

“Tidak ada tawar menawar, sesuai undang-undang, barang siapa yang sengaja membakar hutan dan lahan dengan melanggar hukum, maka akan ditindak tegas dengan proses hukum, baik itu yang membakar, menyuruh, maupun korporasi yang terlibat,” katanya dilansir dari portal resmi Polda Kalsel, Rabu (3/3/2021).

Hal ini telah dilakukan beberapa tahun terakhir, diharapkan ada efek jera bagi pelaku sehingga tidak melakukan kembali apa yang telah diperbuatnya. Masyarakat pun diimbau untuk dapat bekerja sama dengan pemerintah daerah agar tidak membuka lahan dengan cara membakar.

Editor : Nani Suherni

Halaman : 1 2