Jelang PSU Pilgub Kalsel, Pemkot Banjarmasin Dinginkan Tensi Politik yang Memanas

Antara · Senin, 07 Juni 2021 - 15:01:00 WITA
Jelang PSU Pilgub Kalsel, Pemkot Banjarmasin Dinginkan Tensi Politik yang Memanas
Pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Kalsel, Denny-Difri Vs Birin-Muhidin

BANJARMASIN, iNews.id - Pemerintah Kota (Pemkot) Banjarmasin mengedukasi ke masyarakat guna mendinginkan tensi politik yang kini tengah memanas seiring dengan akan digelarnya pemungutan suara ulang (PSU) Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalsel pada 9 Juni 2021 mendatang. Sejumlah pejabat Pemkot Banjarmasin pun terjun langsung ke lapangan.

"Untuk menurunkan tensi itu, kami dipimpin pejabat wali kota turun ke lapangan, melakukan edukasi dan lainnya demi PSU Pilgub damai dan aman," Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Banjarmasin, Kasman, Senin (6/7/2021).

Sebagaimana ditetapkan Mahkamah Konsitusi (MK), PSU Pilgub Kalsel digaler di tujuh kecamatan di tiga kabupaten/kota. Salah satunya, di Kecamatan Banjarmasin Selatan, Kota Banjarmasin, yang memiliki 12 kelurahan dengan jumlah tempat pemungutan suara (TPS) sebanyak 301.

Dikatakan Kasman, Kesbangpol Banjarmasin dalam hal ini pemerintah kota memfasilitasi kegiatan PSU Pilgub tersebut, baik dari unsur sumber daya manusianya, unsur sekretariatnya, satuan perlindungan masyarakat dan lainnya.

"Selain itu pemerintah melakukan edukasi ke masyarakat agar bisa berbondong-bondong mengikuti PSU ini," ujar Kasman.

Dengan terus menyemangati masyarakat untuk menyukseskan PSU ini, harapannya, kata Kasman, tingkat pemilih pada PSU Pilgub Kalsel ini bisa mencapai 60 persen lebih.

"Kita berkaca pada PSU Pilwakot tadi, mulanya kan 51 persen, pada PSU naik menjadi 61 persen, kita berharap pada PSU Pilgub ini lebih dari itu lagi," tuturnya.

Editor : Nani Suherni

Halaman : 1 2