Cetak Dokumen Pakai Kertas HVS, Disdukcapil Kalsel: Masalah Keamanan Terjamin

Faieq Hidayat ยท Senin, 14 September 2020 - 10:47 WITA
Cetak Dokumen Pakai Kertas HVS, Disdukcapil Kalsel: Masalah Keamanan Terjamin
Ilustrasu kartu-kartu kependudukan. (Foto: Istimewa)

BANJARBARU, iNews.id - Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kalimantan Selatan mencetak dokumen kependudukan dengan kertas HVS 80 gram. Tujuannya untuk memudahkan pencetakan dan pelayanan.

Kebijakan tersebut tertuang dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 109 Tahun 2019 mengeluarkan kebijakan terkait dokumen kependudukan dengan menggunakan kertas HVS 80 gram.

Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kalimantan Selatan, Irfan Sayuti, mengatakan kebijakan tersebut sudah berlaku sejak tanggal 1 Juli lalu. Namun, masih banyak masyarakat yang belum mengetahui.

“Kalau masalah keamanan terjamin karena menggunakan barcode. Barcode ini juag tidak bisa digandakan atau dipalsukan jadi masyarakat tidak perlu khawatir,” kata Irfan, Banjarbaru, seperti dikutip laman resmi Pemprov Kalsel, Senin (14/9/2020).

Selain keamanan yang terjamin, kata Irfan, pencetakan dokumen juga bisa dilakukan dari rumah dan tidak perlu legalisir karena telah memiliki barcode. Namun dokumen kependudukan yang dicetak dengan kertas HVS yaitu Kartu Keluarga, Akta Kelahiran, dan Akta Kematian.

“Pencetakan dengan kertas HVS 80 gram bisa dilakukan untuk dokumen seperti Kartu Keluarga, Akta Kelahiran, dan Akta Kematian kecuali KTP dan KIA,” kata Irfan.


Editor : Faieq Hidayat