Pakar Kesehatan Ingatkan Olahragawan Tak Remehkan Penularan Covid-19

Antara ยท Senin, 14 September 2020 - 09:25 WITA
Pakar Kesehatan Ingatkan Olahragawan Tak Remehkan Penularan Covid-19
Ilustrasi olahraga. (Foto ist).

BANJARMASIN, iNews.id - Anggota Tim Pakar Universitas Lambung Mangkurat (ULM), Kalimantan Selatan untuk Percepatan Penanganan Covid-19, Syamsul Arifin mengingatkan agar kewaspadaan terus ditingkatkan untuk kegiatan. Termasuk aktivitas olahraga selama pandemi Covid-19.

"Jadi olahragawan jangan remehkan penularan Covid-19 ini. Niat mau sehat malah jatuh sakit nanti terpapar," ucap dia di Banjarmasin, Minggu (13/9/2020).

Menurut Syamsul, seorang olahragawan yang badannya sehat mungkin saja "kebal" jika tertular Covid-19. Namun bukan berarti tubuh terbebas dari penularan virus corona.

"Bisa saja dia terlihat sehat dan masuk kategori Orang Tanpa Gejala (OTG). Namun, saat virus ada di badan tentu rentan menularkan kepada orang lain dan pastinya anggota keluarga di rumah juga terancam," kata Guru Besar Ilmu Kesehatan Masyarakat Fakultas Kedokteran ULM itu.

Untuk itulah, Syamsul berharap mereka yang melakukan aktivitas olahraga tetap mematuhi protokol kesehatan agar tidak mudah terpapar corona. Tujuannya memutus rantai penyebaran corona dan sekaligus menjadi upaya melindungi keluarga di rumah.


Editor : Faieq Hidayat