Cegah Lonjakan Covid-19, Aparat Harus Jamin Prokes Korban Banjir Kalsel

Antara · Sabtu, 15 Mei 2021 - 10:12:00 WITA
Cegah Lonjakan Covid-19, Aparat Harus Jamin Prokes Korban Banjir Kalsel
Lokasi pengungsian korban terdampak banjir di Kalimantan Selatan. Foto: Antara

BANJARMASIN, iNews.id - Pelaksanaan protokol kesehatan (prokes) terhadap ribuan korban banjir di Kalimantan Selatan (Kalsel) harus dijalankan untuk mencegah lonjakan kasus Covid-19. Berkaca pada kasus banjir sebelumnya, lonjakan kasus terjadi ketika banjir melanda Kalsel.

Anggota Tim Pakar Universitas Lambung Mangkurat (ULM) untuk Percepatan Penanganan Covid-19, Syamsul Arifin meminta, petugas dari unsur pemerintah daerah maupun TNI-Polri harus menjamin penerapan prokes di tengah banjir. Terlebih, banjir membawa dampak turunnya daya tahan tubuh akibat sanitasi dan higienitas yang buruk.

"Pemerintah daerah perlu menjamin semua kebutuhan logistik untuk penerapan protokol kesehatan ini, termasuk menerjunkan petugas kesehatannya. Pengawasan kepatuhan terhadap protokol kesehatan oleh pengungsi juga wajib agar pengungsian tidak menjadi klaster baru penyebaran Covid-19," kata Syamsul, di Banjarmasin, Jumat (14/5/2021).

Banjir menerjang beberapa daerah di Kalsel sejak Kamis (13/5/2021) hingga Jumat (14/5/2021). Salah satu wilayah terparah adalah di Kecamatan Satui, Kabupaten Tanah Bumbu, yang terdampak lima desa dengan ketinggian air antara satu hingga 1,5 meter.

Akibat banjir itu, 5.308 jiwa dari 2.126 kepala keluarga pun dievakuasi untuk tinggal sementara di posko pengungsian. Keberadaan tempat pengungsian inilah yang dikhawatirkan penerapan prokes tidak maksimal seperti menjaga jarak dan mengenakan masker.

Editor : Erwin C Sihombing

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: