Antisipasi Gelombang Kedua, Banjarmasin Wajibkan Warga dari Jakarta Tes Swab

Antara ยท Selasa, 15 September 2020 - 09:24 WITA
Antisipasi Gelombang Kedua, Banjarmasin Wajibkan Warga dari Jakarta Tes Swab
Ilustrasi virus corona (Antara)

BANJARMASIN, iNews.id - Pemerintah Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan mewajibkan warga yang datang dari DKI Jakarta memperlihatkan hasil tes swab negatif Covid-19. Tujuannya untuk mencegah penyebaran virus corona.

"Ini sesuai instruksi Pak Wali Kota," ujar Kepala Dinas Kesehatan Kota Banjarmasin Machli Riyadi di Banjarmasin, Senin (14/9/2020).

Menurut dia, instruksi ini menindaklanjuti kebijakan Pemerintah DKI Jakarta yang kembali menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Sebab kasus positif Covid-19 di ibu kota negara itu terus naik.

"Makanya kita akan skrining siapa saja yang datang dari perjalanan dan mau masuk ke Banjarmasin dari Jakarta," kata Machli Riyadi.

Menurut dia, siapa saja yang datang dari Jakarta untuk masuk ke Kota Banjarmasin harus memperhatikan surat keterangan sudah melaksanakan tes swab dengan hasil negatif Covid-19.

"Bagi mereka yang belum memiliki surat keterangan itu, kita akan tes usap di bandara, oleh petugas kami di sana. Khusus yang datang dari Jakarta," ujarnya.


Editor : Faieq Hidayat