Wali Kota Banjarmasin: Car Free Day Belum Kami Aktifkan

Antara ยท Minggu, 28 Juni 2020 - 08:00 WIB
Wali Kota Banjarmasin: Car Free Day Belum Kami Aktifkan
Wali Kota Banjarmasin Ibnu Sina (Foto: Humas Pemkot Banjarmasin)

BANJARMASIN, iNews.id - Wali Kota Banjarmasin, Kalimatan Selatan (Kalsel) Ibnu Sina belum mengizinkan hari tanpa kendaraan (car free day) diaktifkan. Banjarmasin dinilai masih dalam kondisi tanggap darurat Covid-19 usai Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

"Car free day belum kami aktifkan lagi, karena kita memandang angka penularan Covid-19 masih tinggi," ujarnya di Banjarmasin, Sabtu (27/6/2020).

Ibnu Sina menjelaskan, meski pencabutan penerapan PSBB sudah hampir satu bulan, namun untuk mengizinkan terjadinya kerumunan besar masih sangat mengkhawatirkan. Pertimbangan itu berdasarkan status zona hitam di luar Banjarmasin.

"Karena kita semua harus waspada, ada sejumlah wilayah di daerah kita sudah hampir tidak lagi zona merah, tapi sudah mau hitam," katanya..

Dia pun menginstruksikan kepada Dinas Kesehatan kota agar terus melakukan penelusuran terhadap penularan virus ini harus terus intensif dilakukan, sehingga pencegahan dapat dilakukan maksimal. Langkah yang harus dilakukan juga membatasi adanya kerumunan yang jumlahnya sangat tinggi, seperti kegiatan car free day, di mana ribuan orang akan tumpah di satu titik. Tidak hanya car free day, kegiatan wisata pun belum resmi dibuka pemerintah kota.

"Tapi kalau hanya untuk berolahraga seperti lari atau bersepeda, tidak mengapa, tapi harus mematuhi protokol kesehatan, pakai masker dan jaga jarak," katanya.

Dia meminta masyarakat untuk bersabar demi keselamatan semua, di mana objek wisata siring sungai dan lainnya, juga car free day biasa di sekitaran jalan Masjid Sabilal Muhtadin Banjarmasin, terpaksa belum bisa diaktifkan. Car free day di Banjarmasin sudah ditiadakan sejak PSBB diterapkan pada 24 Maret 2020.


Editor : Nani Suherni