Waduh, Hasil Pilkada Banjarmasin Digugat Lagi ke MK meski PSU Digelar

Antara · Jumat, 07 Mei 2021 - 09:42:00 WITA
Waduh, Hasil Pilkada Banjarmasin Digugat Lagi ke MK meski PSU Digelar
AnandaMu kembali menggugat hasil pilkada Banjarmasin. (Foto: Antara Kalsel)

BANJARMASIN, iNews.id - Hasil Pemilu Kepala Daerah (Pilkada) Kota Banjarmasin Tahun 2020 kembali digugat ke Mahkamah Konstitusi (MK). Padahal KPU baru saja melaksanakan pemungutan suara ulang (PSU) di tiga kelurahan di Banjarmasin Selatan pada 28 April 2021.

Penggugat adalah Pasangan Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Banjarmasin nomor urut 04, Ananda dan  Mushaffa Zakir (AnandaMu), yakni tergugat Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Banjarmasin.

Gugatan pun sudah masuk ke MK, setelah KPU setempat mengumumkan hasil rapat pleno perhitungan suara usai PSU di tiga kelurahan tersebut, yakni Mantuil, Murung Raya, dan Basirih Selatan pada 1-2 Mei 2021, dengan hasil secara total perolehan suara sah tertinggi diraih pasangan calon nomor urut 02, Ibnu Sina dan  Arifin Noor (Ibnu-Arifin).

Sedangkan, pasangan AnandaMu meraih total suara sah di urutan kedua, sedangkan dua pasangan calon lainnya, yakni, paslon nomor 01, Haris Makkie dan Ilham Noor meraih urutan ketiga, dan paslon nomor urut 03, Khairu Saleh dan Habib Muhammad Ali Alhabsy berada di urutan perolehan suara terbawah.

Paslon nomor urut 04, AnandaMu yang tidak puas hasil Pilkada Kota Banjarmasin Tahun 2020 untuk kedua kalinya menggugat ke MK, yaitu pertama gugatan hasil perolehan suara pada pencoblosan 9 Desember 2020, dengan MK mengabulkan sebagian gugatan dan memerintahkan PSU di tiga kelurahan tersebut.

Editor : Nani Suherni

Halaman : 1 2