Viral di Medsos, Lokasi Tanah Bergerak di Tapin Malah Ramai Dikunjungi Warga

Antara · Rabu, 21 Juli 2021 - 15:14:00 WITA
Viral di Medsos, Lokasi Tanah Bergerak di Tapin Malah Ramai Dikunjungi Warga
Warga berada di atas kolam ikan yang terangkat akibat pergerakan tanah di Desa Sawang, Kabupaten Tapin Kalimantan Selatan (Foto: Antara/ Muhammad Fauzi Fadilah)

TAPIN, iNews.id - Viral di media sosial, lokasi tanah bergerak di Kabupaten Tapin, Kalimantan Selatan ramai dikunjungi warga. Peristiwa tanah gerak tersebut sebelumnya telah merusak lahan pertanian warga.

“Penasaran ingin lihat, awalnya tahu di instagram dan grup whatsapp,” ujar warga Ahmad,  Selasa (21/7/2021).

Rohmanto (60) seorang petani yang terdampak dan bertempat tinggal dilokasi itu mengungkapkan, masyarakat banyak berdatangan sejak Senin, (19/7/2021) lalu sampai saat ini.

“Iya ramai dikunjungi warga, tujuannya untuk melihat. Dari anak anak sampai orang dewasa,” ujarnya.

Lokasi tersebut bak tempat wisata, warga yang datang terlihat ramai berfoto mengabadikan dampak peristiwa itu.

Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Tapin saat ini sedang menganalisa penyebab terjadinya pergerakan tanah yang hancurkan lahan pertanian di Desa Sawang, Kecamatan Tapin Selatan. 

Kepala DLH Tapin Nordin di Rantau, Senin, mengatakan dari hasil pengamatan sementara di lokasi diduga penyebab kejadian berawal dari tekanan tanah akibat longsor.

"Analisa sementara belum tentu benar, karena ada tekanan dari tanah longsor di atasnya sehingga mendorong tanah yang di bawah sehingga terangkat ke atas. Seperti kita mendorong karpet jadi ada bagian yang terangkat," katanya.

Editor : Nani Suherni

Halaman : 1 2