Terdampak Banjir, 262 Sarpras Desa di Kalsel Rusak

Nani Suherni · Jumat, 19 Februari 2021 - 14:28:00 WITA
Terdampak Banjir, 262 Sarpras Desa di Kalsel Rusak
Banjir Kalsel (Foto: Antara)

BANJARMASIN, iNews.id - Pascabanjir  di Kalimantan Selatan (Kalsel), Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) mendata 262 sarana dan prasarana (sarpras) desa mengalami kerusakan dengan kategori ringan, sedang, dan berat. Kerusakan itu terjadi di tujuh kabupaten.

“Bangunan sarana prasarana di desa yang terdampak banjir seperti kantor desa, Pos Pelayanan Keluarga Berencana Kesehatan Terpadu, Pondok Bersalin Desa (Polindes), Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) dan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD),” kata Kepala Dinas PMD Kalsel, Zulkifli, dikutip dari website resmi Pemprov Kalsel, Jumat (19/2/2021).

Rician kerusakan di antaranya di Barito Kuala 41 sarpras desa mengalami kerusakan ringan dan sedang, Tanah Laut 48 sarpras desa mengalami kerusakan ringan dan sedang. Kemudian, di Hulu Sungai Tengah 14 sarpras desa rusak ringan, sedang dan berat, Hulu Sungai Selatan tiga sarpras desa mengalami kerusakan ringan, sedang dan berat.

“Kemudian, Hulu Sungai Utara empat sarpras desa mengalami kerusakan ringan, Tabalong delapan sarpras desa mengalami kerusakan ringan, sedang dan berat serta Banjar 144 sarpras desa mengalami kerusakan ringan, sedang dan berat,” kata Zulkifli.

Dia pun meminta untuk dilakukan musyawarah antara Kepala Desa (Kades) dan Badan Permusyawaratan Desa (BPD) untuk menyisihkan dana perbaikan infrastruktur desa yang rusak secara bertahap.

“Maka dari itu, perbaikan infrastruktur desa agar lebih diprioritaskan melalui revisi Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes),” ujar Zulkifli.

Editor : Nani Suherni

Halaman : 1 2