Tanggap Darurat Diperpanjang, Danrem Minta Kesehatan Korban Banjir Kalsel Diutamakan

Nani Suherni ยท Jumat, 29 Januari 2021 - 09:38:00 WITA
Tanggap Darurat Diperpanjang, Danrem Minta Kesehatan Korban Banjir Kalsel Diutamakan
Komandan Satgas Tanggap Darurat Bencana banjir di Kalsel, Brigjen TNI Firmansyah saat ditemui usai Rapat Koordinasi Penanganan Banjir di Mahligai Pancasila, Banjarmasin, Kamis (28/1/2021). (Foto: MC Kalsel)

BANJARMASIN, iNews.id - Beberapa Kabupaten di Kalimantan Selatan (Kalsel) masih menetapkan status tanggap darurat banjir. Komandan Satgas Tanggap Darurat Bencana banjir di Kalsel, Brigjen TNI Firmansyah meminta agar penanganan kesehatan korban banjir diutamakan.

“Memang ada beberapa wilayah yang sudah tidak terendam seperti di jalan A Yani Banjarmasin, namun mengingat wilayah lain masih ada yang belum pulih, kita sarankan ke Gubernur untuk memperpanjang status tanggap darurat bencana di wilayah ini,” kata  Firmansyah dilansir dari website resmi Pemprov Kalsel, Jumat (29/1/2021).

Ditambahkan dia, fokus saat ini pada daerah yang masih ada genangan air. Namun untuk pelaksanaan evakuasi sedikit dikurangi tetapi dorongan logistik kepada masyarakat baik itu dipengungsian atau yang bertahan dirumah tetap terpenuhi.

“Yang tidak kalah penting adalah penanganan kesehatan, karena ada beberapa penyakit yang dikeluhkan masyarakat dan tentu kami sudah siapkan pos kesehatan didaerah-daerah tersebut. Serta TNI juga melaksanakan patroli keliling setiap hari untuk mendatangi warga secara langsung,” ucapnya.

Selain itu, kondisi lapangan di Hantakan,  Desa Datar Ajab yang sebelumnya sempat terisolasi kini sudah dapat diakses.

Editor : Nani Suherni

Halaman : 1 2