Deretan 6 Suku Terkuat di Indonesia dengan Ilmu Hitamnya, Nomor 3 Bisa Buat Orang seperti Mayat Hidup

Azizah Refifa Aqsha ยท Rabu, 21 September 2022 - 19:27:00 WITA
Deretan 6 Suku Terkuat di Indonesia dengan Ilmu Hitamnya, Nomor 3 Bisa Buat Orang seperti Mayat Hidup
Suku Dayak salah satu suku terkuat di Indonesia dengan ilmu hitamnya. (Foto: ist)

JAKARTA, iNews.id - Suku terkuat di indonesia dengan ilmu hitamnya tersebar di beberapa daerah. Suku-suku di Indonesia terkenal dengan kepercayaannya terhadap hal-hal yang gaib. Hal ini dikarenakan tradisi yang turun temurun dari nenek moyang mereka.

Sebagian masyarakat Indonesia masih percaya terhadap hal-hal yang berkaitan dengan ilmu hitam dan mistis, bahkan beberapa suku di Tanah Air dikenal masih menguasai ilmu hitam.

Suku Terkuat di Indonesia dengan Ilmu Hitamnya

Dilansir dari Jurnal UIN Antasari mengenai Santet dan Antropoli, fenomena ilmu hitam seperti santet di Indonesia diyakini sampai saat ini masih ada.Bukan hanya di masyarakat yang primitif atauyang masih sederhana budayanya, di masyarakat modern pun sering kali ditemukan fenomena yang serupa.

Beberapa daerah di Jawa seperti Jawa Timur terutama Banyuwangi maupun Banten sering disebut-sebut sebagai daerah yang masih kental isu santetnya. Meskipun demikian, fenomena santet tidak hanya dikenal di daerah Jawa saja melainkan di seluruh suku di Indonesia.

Hanya saja penyebutannya yang berbeda.Di Jawa Barat disebut dengan teluhganggaong atau sogra. Di Bali dikenal dengan namadesti, leak, atau teluhterangjana. Di Maluku dan Papua dengan namasuangi. Di SumateraUtara disebut dengan beguganjang. Di Sumatera Barat dikenal dengan nama puntianak. Di Kalimantan dikenal dengan perangmaya.

Santet adalah masuknya bendabenda atau sesuatu ke tubuh orang lain secara gaib (bantuan jin dan setan) dengan tujuan merusak kesejahteraan orang lain atau menyakiti. Benda-benda baik yang bernyawa maupun yang tidak bernyawa dengan cara-cara tertentu dipengaruhi dan dikuasai. Lalu, mana saja suku terkuat di Indonesia dengan ilmu hitamnya?

Berikut deretan 6 suku terkuat di Indonesia yang masih menguasai ilmu hitam:

1. Suku Asmat, Papua

Suku Asmat sangat menghormati leluhurnya yang dipercaya tinggal di alam gaib tempat matahari terbenam. Bahkan, mereka mengakui bahwa suku Asmat ini berasal dari tempat matahari terbenam.

Suku Asmat membawakan tarian pukul tifa pada Festival Budaya Suku Asmat ke-27 di Kabupaten Asmat, Papua. (Foto: Antara).
Suku Asmat membawakan tarian pukul tifa pada Festival Budaya Suku Asmat ke-27 di Kabupaten Asmat, Papua. (Foto: Antara).

Saking menghormati para leluhurnya, suku Asmat ini rela untuk tinggal di tengah hutan dan menggunakan busana yang mereka yakini sebagai bentuk penghormatan terhadap para leluhur.

Beberapa kekuatan gaib yang dimiliki suku Asmat yaitu mampu mendatangkan hujan petir, menemukan barang yang hilang hingga mengirim penyakit misterius, miskin mendadak dan kecelakaan kepada orang yang tidak mereka sukai.

2. Suku Baduy, Banten

Suku Baduy masih melestarikan hal-hal yang berkaitan dengan ilmu hitam. Suku yang mendiami pedalaman Banten ini masih menutup diri dari perkembangan yang terjadi diluar wilayah mereka.

Suku Baduy di Banten. (Foto: Antara)
Suku Baduy di Banten. (Foto: Antara)

Masyarakat Suku Baduy masih mempercayai ramalan masa depan dan mereka juga mempelajari ilmu pelet, debus, santet  bahkan ilmu kebal terhadap senjata tajam. Oleh sebab itu bagi masyarakat luar yang ingin berkunjung ke suku Baduy harus menjaga tata krama dan menghormati adat istiadat yang ada di suku Baduy.

Editor : Kastolani Marzuki

Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel: