Misteri Buaya Kuning di Kalimantan, Punya Kekuatan Sakti hingga Jadi Penjaga Suku Dayak

Sindonews, Tsabita · Rabu, 21 September 2022 - 13:24:00 WITA
Misteri Buaya Kuning di Kalimantan, Punya Kekuatan Sakti hingga Jadi Penjaga Suku Dayak
Ilustrasi Buaya Kuning di Kalimantan (Foto: Ilustrasi/Ist)

JAKARTA, iNews.id - Keberadaan buaya kuning di Kalimantan masih menjadi misteri. Konon buaya yang memiliki kesaktian ini menjadi sosok penjata suku Dayak Tunjung.

Dikisahkan, jika di suku Dayak kerap terjadi peperangan hingga perebutan kekuasaan. Hal itu juga dialami Suku Dayak Tunjung saat mendiami kawasan dataran rendah di Kalimantan Timur . 

Penduduk Dayak Tunjung rupanya hidup di sepanjang alur Sungai Enggelam yang bermuara ke Danau Melintang. Sayangnya, perang membuat mereka harus pindah. 

Mereka pun menempati Desa Enggelam, Kecamatan Muara Wis, Kabupaten Kutai Kartanegara. Kepala Desa Enggelam, Mong menceritakan jika nenek moyangnya berpindah-pindah lokasi sebelum menetap di Enggelam. 

“Nenek moyang kami sudah pindah beberapa kali sebelum mendiami Desa Enggelam untuk mencari tempat aman dari serbuan kelompok lain,” kata Mong. 

Kegelisahan rupanya masih menyelimuti suku Dayak Tunjung saat membangun desa. Mereka pun membangun titik pemantauan di setiap sisi sungai.

Saking hebatnya, lokasi keberadaan buaya kuning ini membuat orang-orang takut dan enggak menyerang Suku Dayak Tunjung. Konon, buaya ini tak bisa ditembus. Para penyerang pun putus asa hingga Desa Enggelam tetap aman. Lokasi buaya kuning berada di salah satu sudut sungai. Tampak tempat tersebut menjadi gerbang masuk ke desa. 

Hal aneh terlihat di lokasi tempat buaya itu tinggal. Ada tanah berupa pasir di tepi sungai tersebut. Sementara sedikit naik ke darat, ada batu besar yang sangat mencolok.

Editor : Nani Suherni

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: