Suku Banjar Keturunan Apa ? Ini Asal Usulnya

Donald Karouw · Senin, 23 Januari 2023 - 15:55:00 WITA
Suku Banjar Keturunan Apa ? Ini Asal Usulnya
Asal usul Suku Banjar yang merupakan percampuran dari berbagai suku dengan didominasi suku Dayak. (Foto : Ist)

JAKARTA, iNews.id - Suku Banjar merupakan keturunan dari percampuran suku-suku Bukit, Maanyan, Lawangan dan Ngaju yang banyak juga dipengaruhi Melayu dan Jawa. Asal usul suku Banjar berasal dari campuran beberapa suku, dengan suku Dayak yang paling dominan.

Suku Banjar merupakan salah satu suku di Indonesia yang menempati wilayah Kalimantan Selatan, sebagian Kalimantan Tengah dan Kalimantan Timur. Etnis Banjar ini penutur bahasa Banjar dengan berbagai macam dialeknya.

Dapat disimpulkan, suku Banjar menjadi salah satu etnis pribumi asli Indonesia dengan berbagai elemen budaya yang secara resmi diakui Pemerintah Indonesia dan dianggap komponen penting warisan kebudayaan nasional.

Mayoritas suku Banjar umumnya pemeluk agama Islam (Muslim). Masyarakat Dayak pesisir ini menunjukkan karakteristik yang agak berbeda dari kebanyakan Dayak di wilayah pedalaman Kalimantan. Etnis Banjar ini cenderung memiliki gaya hidup dan norma-norma yang berbasis Islami.

Etnis Banjar juga terkenal akan kemampuannya dalam bidang perniagaan. Pada masa kini, populasi diaspora Banjar dapat ditemui pula secara global atau di seluruh belahan dunia, termasuk di antaranya dalam cakupan wilayah Asia Tenggara maupun hingga ke Timur Tengah (terutama di Arab Saudi).

Istilah banjar dalam bahasa Jawa merupakan kependekan dari kata kerja mbanjarke yang berarti “memisahkan dan menata ulang”. Secara harfiah, kata ini kemudian diadopsi menjadi etnonim lantaran telah menjadi rahasia umum dalam masyarakat Kalimantan etnis Banjar sejatinya merupakan bagian dari masyarakat Dayak yang lebih besar yang telah mengalami asimilasi (baik itu dari segi agama, budaya dan lain sebagainya) dengan pengaruh luar.

Editor : Donald Karouw

Halaman : 1 2

Follow Berita iNewsKalsel di Google News

Bagikan Artikel: