Petani Kopi di Kalsel Diajak Naik Kelas, Diajari Pengolahan Sesuai Target Pasar

Nani Suherni ยท Jumat, 19 November 2021 - 15:12:00 WITA
Petani Kopi di Kalsel Diajak Naik Kelas, Diajari Pengolahan Sesuai Target Pasar
Petani Kopi di Kalsel Diajak Naik Kelas, Diajari Pengolahan Sesuai Target Pasar (Foto: Dok MC Kalsel)

BANJARMASIN, iNews.id - Petani kopi DI Kabupaten Banjar dan Tanah Laut dilatih pengolahan hasil kopi oleh  Dinas Perkebunan dan Peternakan Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel). Pelatihan ini untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan para petani kopi.

Kepala Disbunnak Kalsel, Suparmi mengatakan selain tanaman kopi. Para petani harus bisa meningkatkan mutu serta kualitas biji kopi dan hasil olahannya. Peningkatan ini juga agar sesuai keinginan pasar dan dapat menyajikan kopi dengan cita rasa yang berkelas.

Selain tahapan cara pengolahan, lanjut Suparmi, bimtek juga diajarkan tahapan sortasi dan pemutuan, tahapan roasting/penyangraian dan uji citarasa hingga pada proses pascapanen kopi.

“Setiap kelompok tani juga diberikan bantuan alat mesin pengolahan kopi berupa satu buah mesin pulper, satu buah mesin pengupas kopi kering, satu buah mesin sangrai (roasting kopi), satu buah mesin gilingan kopi dan satu buah mesin continuous sealer (kemasan/packing),” kata Suparmi, dikutip dari portal resmi Pemprov Kalsel, Jumat (19/11/2021).

Editor : Nani Suherni

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: