Peringati Tahun Baru Islam 1444 H, Habib Jindan Hadiri Tabligh Akbar di Barito Kuala

Rizqa Leony Putri · Senin, 01 Agustus 2022 - 19:30:00 WITA
Peringati Tahun Baru Islam 1444 H, Habib Jindan Hadiri Tabligh Akbar di Barito Kuala
Habib Jindan dalam Tabligh Akbar yang digelar Pemerintah Kabupaten Barito Kuala untuk memperingati Tahun Baru Islam 1444 Hijriah. (Foto: dok Pemkab Batola)

BARITO KUALA, iNews.id - Pemerintah Kabupaten Barito Kuala menggelar Tabligh Akbar untuk menyemarakkan datangnya Tahun Baru Islam 1444 Hijriah. Kegiatan ini juga dihadiri Habib Jindan bin Novel bin Salim bin Jindan yang mengisi ceramah di Masjid Agung Al-Anwar Marabahan, Minggu (31/7/2022).

Kegiatan Tabligh Akbar yang digelar di masjid terbesar di Kota Marabahan ini dihadiri Bupati Noormiliyani AS dan Wakil Bupati Rahmadian Noor, Ketua DPRD Saleh, Sekda Zulkipli Yadi Noor, Kakankemenag Anwar Hadimi, para pimpinan SKPD, anggota forkopimda, camat, para habib, ulama, tokoh agama, tokoh masyarakat, dan berbagai lapisan masyarakat.

Kepada para jamaah, Habib Jindan menceritakan tentang peristiwa hijrahnya Rasulullah SAW. Menurutnya, hijrahnya Nabi Muhammad SAW dari Mekah ke Madinah pada 622 Masehi menjadi titik awal dijadikannya tahun Hijriyah dan Muharram menjadi bulan pertama sekaligus peringatan terhadap peristiwa hijrahnya Nabi Muhammad SAW.

“Perayaan Tahun Baru Hijriyah merupakan salah satu agenda penting dengan beragam sejarah di dalamnya. Tahun Baru Islam diperingati setiap 1 Muharram sekaligus memperingati peristiwa hijrahnya Nabi Muhammad saw dan para pengikut yang bermigrasi dari Mekah ke Madinah,” tutur Habib Jindan.

Dia menjelaskan, hijrahnya Nabi Muhammad SAW dari Mekah terjadi di akhir bulan Safar dan tiba di Madinah Almunawarah pada 12 Rabiul Awal. Peristiwa tersebut dijadikan momentum Tahun Hijriyah atas inisiatif Sayyidina Umar bin Khatab RA yang bermusyawarah dengan para sahabat.

Atas kesepakatan bersama para sahabat, lanjut Habib Jindan, hijrahnya Nabi Muhammad SAW disebut hari pertama Hijriah dan tahunnya menjadi lembaran baru bagi Islam sebagai tahun pertama Hijriah hingga tahun 1444 Hijriah saat ini. Habib yang merupakan anggota Majelis Alwafa bi Ahdillah dan Penasehat Majelis Silaturahmi Ulama dan Habib Tangerang ini juga banyak menceritakan perjuangan dan pengorbanan Nabi Muhammad SAW selama berada di Mekah dan Madinah dalam menegakan syiar dan agama Allah, serta sikap dan perilaku mulia dalam kehidupan sehari-hari.

Dia mengutarakan, dalam hijrahnya, Rasulullah SAW menempuh perjuangan dan pengorbanan. “Di Mekah Nabi saw berdakwah 13 tahun dan di Madinah 10 tahun. Beliau menghadapi berbagai tantangan dan gangguan,” tuturnya.

Editor : Rizqa Leony Putri

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: