Pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Bayu di Kalsel Tarik Minat Investor Asing

Nani Suherni · Kamis, 08 April 2021 - 07:10:00 WITA
Pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Bayu di Kalsel Tarik Minat Investor Asing
Rancangan pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Bayu di Kalsel. (Foto: MC Kalsel/ist)

BANJARMASIN, iNews.id - Sejumlah investor dari asing mulai melirik pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Bayu (PLTB) di Kalimantan Selatan (Kalsel). Kabar ini dilontarkan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Provinsi Kalsel, Nurul Fajar Desira. 

“Selama dua tahun ini sudah ada beberapa investor yang ingin melakukan pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Bayu (PLTB) di Kalsel,” kata Fajar, dikutip dari portal resmi Pemprov Kalsel, Kamis (8/4/2021).

Menurut Fajar, setelah dilakukan survei oleh Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Kalsel ternyata pembangunan PLTB paling cocok dilakukan di Kabupaten Tanah Laut. 

“Syarat yang harus dilakukan apakah kondisi angin benar-benar stabil. Apabila tahapan tersebut sudah dilakukan dan hasilnya memang layak maka akan direncanakan pembangunan PLTB dengan kapasitas 70 Mega Watt (MW),” ujarnya.

Kalau pembangunan PLTB Kabupaten Tanah Laut dapat terealisasi, kata Fajar maka Kalsel akan dapat tambahan daya listrik sebesar 70 MW dan mendapatkan nilai investasinya mencapai Rp2 triliun.

“Mudah-mudahan proyek tersebut dapat terealisasi dan mampu menghasilkan investasi yang besar bagi kemajuan Kalsel,” ucapnya.

Editor : Nani Suherni

Halaman : 1 2