Paskibraka dan Peserta Upacara Kemerdekaan 17 Agustus di Istana Negara Dibatasi

Vien Dimyati ยท Senin, 06 Juli 2020 - 16:24:00 WITA
Paskibraka dan Peserta Upacara Kemerdekaan 17 Agustus di Istana Negara Dibatasi
Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno. (Foto Antara).

JAKARTA, iNews.id - Peringatan Hari Ulang Tahun RI ke-75 di Istana Negara, Jakarta pada 17 Agustus 2020 dilaksanakan dengan jumlah peserta terbatas. Paskibraka yang hadir juga dibatasi.

Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno mengatakan saat mengumandangkan lagu Kebangsaan Indonesia Raya, masyarakat Indonesia diajak menghentikan kegiatan sejenak untuk menyanyikan secara virtual.

"Nanti pada saat upacara dan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya, kami ajak masyarakat Indonesia untuk menghentikan kegiatan sejenak. Berdiri tegak, khidmat mengikuti kumandang lagu Indonesia Raya," kata Pratikno saat Live Konferensi Virtual, di Jakarta, Senin (6/7/2020).

Menurut Pratikno, rencananya upacara kemerdekaan digelar secara meriah. Namun adanya pandemi Covid-19 beberapa perayaan internasional yang akan dikunjungi oleh beberapa negara dibatalkan.

"Walau tidak sesuai rencana, tetapi perayaan HUT ke-75 RI ini tetap khidmat, mensyukuri nikmat kemerdekaan dan tetap menunjukkan Indonesia adalah negara besar, serta kokoh secara sosial politik, dan budaya," kata dia.

Meski begitu, dia mengatakan perayaan HUT ke-75 RI dilakukan secara sederhana, tetap menonjolkan kemeriahan, antusiasme masyarakat tinggi, kreativitas, dan inovasi.

"Tetap meriah sesuai protokol kesehatan yang aman dari Covid-19. Pastinya akan ada banyak aktivitas virtual," katanya.

Dia menjelaskan, ada beberapa agenda utama yang besar dalam menyambut Hari Kemerdekaan. Kemeriahan ini akan dirasakan sejak 1 Juli 2020. Dimulai dari memasang logo dan tema HUT ke-75 RI di jalan-jalan, tempat umum, hingga sarana transportasi.

"Memasuki Agustus, kita akan meriahkan dengan pemasangan bendera merah putih di jalan-jalan protokol, tempat umum, kantor, dan lainnya. Berbeda seperti kemerdekaan tahun sebelumnya, perayaan kali ini akan diisi dengan acara penuh kreativitas, kebersamaan, pastisipasi masyarakat penuh sesuai protokol kesehatan. Akan ada banyak aktivitas sifatnya virtual. Lomba-lomba tetap meriah dengan protokol kesehatan yang aman Covid-19," katanya.

Editor : Faieq Hidayat

Follow Berita iNewsKalsel di Google News

Bagikan Artikel: