Polisi Pariwisata Jaga Protokol Kesehatan di Tempat Wisata Kalsel

Antara ยท Senin, 06 Juli 2020 - 08:58 WIB
Polisi Pariwisata Jaga Protokol Kesehatan di Tempat Wisata Kalsel
irektur Pengamanan Objek Vital Polda Kalsel, Kombes Pol Agus Mustofa. (Foto Antara).

BANJARMASIN, iNews.id - Polda Kalimantan Selatan mengerahkan polisi pariwisata untuk menjaga protokol kesehatan di sejumlah objek wisata yang mulai dibuka. Saat ini Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) berakhir dan transisi menuju normal baru.

"Anggota melakukan patroli dialogis agar masyarakat tetap disiplin mematuhi protokol Covid-19 yaitu menggunakan masker dan menjaga jarak," kata Direktur Pengamanan Objek Vital Polda Kalsel, Kombes Pol Agus Mustofa di Banjarmasin, Minggu (5/7/2020).

Agus menagaku selalu berkoordinasi dengan pengelola objek wisata agar menerapkan standar protokol kesehatan. Contohnya penyediaan tempat cuci tangan, pengaturan jarak pengunjung agar tak berkerumun.

"Jadi kalau ada masyarakat tak menggunakan masker langsung ditegur. Kami juga menyiapkan masker untuk dibagikan ketika patroli dialogis," ujar dia.

Menurut dia, saat ini belum banyak lokasi wisata yang dibuka. Hanya ada sebagian beroperasi dengan pengunjung tak sebanyak kondisi normal.

"Seperti Pasar Terapung di Siring Menara Pandang Banjarmasin juga belum dibuka. Sementara yang beroperasi hanya wisata susur sungai. Kami cek protokol kesehatan sudah dijalankan di dermaga kelotok tempat pengunjung berkumpul," katanya.

Dukungan Polda Kalsel terhadap beroperasinya kembali objek wisata juga dilandasi semangat membangkitkan kegiatan ekonomi masyarakat.

Salah satu program Kapolda Kalsel Irjen Pol Nico Afinta yaitu optimalisasi pengamanan setiap kebijakan pemerintah khususnya bidang ekonomi, sehingga sektor usaha harus terlindungi dan pada akhirnya kesejahteraan masyarakat tercapai.

"Menyongsong era kenormalan baru, Polda Kalsel menciptakan situasi kondusif di daerah agar masyarakat semakin produktif di tengah pandemi," ujar Agus.


Editor : Faieq Hidayat