Panen 6,8 Ton, Produksi Petani Kalsel Meningkat di Tengah Pandemi Covid-19

Antara ยท Kamis, 23 Juli 2020 - 10:12 WIB
Panen 6,8 Ton, Produksi Petani Kalsel Meningkat di Tengah Pandemi Covid-19
Ilustrasi. (Foto Antara).

BANJARMASIN, iNews.id - Produksi petani sawah Desa Bakau Kecamatan Pamukan Utara, Kalimantan Selatan meningkat di tengah pandemi Covid-19. Mereka bisa panen padi perdana sekitar 6,8 ton.

Bupati Kotabaru Sayed Jafar mengatakan pertanian merupakan salah satu program dari pemerintah pusat dan visi misi Kabupaten Kotabaru yaitu Agrobisnis dan Pariwisata.

"Pertanian juga merupakan agrobisnis, sesuai dengan Visi Misi kabupaten Kotabaru terus memajukan agrobisnis dan pariwisata," kata Sayed di Kotabaru, Rabu (22/7/2020).

Kepada kepala desa dan kelompok tani, kata dia tidak boleh merasa puas dengan hasil yang ada. Keberhasilan panen ini terus ditingkatkan demi kesejahteraan masyarakat desa.

"Kita bangga dengan hasil panen perdana di Desa Bakau ini. Namun jangan langsung puas akan tetapi terus ditingkatkan, sehingga bisa memperbaiki perekonomian di desa ini. Apalagi di tengah pandemi Covid-19 seperti sekarang ini," ujar bupati.

Bupati Kotabaru berjanji nantinya melalui dinas terkait akan terus memberikan pelatihan dan penyuluhan terhadap para petani di kabupaten ini.

Sementara, Kepala Dinas Pertanian Kotabaru Hairudin mengatakan lahan padi sawah 100 hektar dibagi untuk empat desa merupakan program pemerintah.

"Alhamdulillah, panen padi sawah perdana di Desa Bakau ini telah mencapai 6,8 ton perhektar gabah kering," kata dia.


Editor : Faieq Hidayat