Dislutkan Kalsel Berhasil Budidayakan Ikan Bawal Bintang

Zainal Hakim ยท Rabu, 22 Juli 2020 - 11:08 WIB
Dislutkan Kalsel Berhasil Budidayakan Ikan Bawal Bintang
Panen perdana ikan bawal bintang di tambak milik UPTD BBIP Kotabaru di Desa Teluk Tamiang, Kotabaru, Kalsel, Selasa (21/7/2020). (Foto: iNews/Zainal Hakim).

KOTABARU, iNews.id - Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Balai Benih Ikan Pantai (BBIP) Kotabaru milik Dinas Kelautan dan Perikanan (Dislutkan) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel), berhasil membudidayakan bibit ikan bawal bintang. Meski ikan jenis ini baru dan pertama kali dikembangkan di Kalsel, Dislutkan berhasil memanen 3 ton ikan pada panen perdana.

“Kami sangat bangga dengan pencapaian yang telah dilakukan oleh BBIP Kotabaru dalam mengembangkan budidaya ikan bawal bintang ini,” kata Plt Kepala Dislutkan Kalsel, Muhammad Fadhli di sela panen perdana di tambak budi daya di Desa Teluk Tamiang, Kecamatan Tanjung Selayar, Kabupaten Kotabaru, Kalsel, Selasa (21/7/2020).

Menurutnya, keberhasilan UPTD ini sekaligus menandakan bahwa ada putra daerah yang mampu mengembangkannya dan menjadi sebuah kebanggaan bagi Pemprov Kalsel. “Ini pencapaian luar biasa sebagai UPTD penghasil perdana ikan bawal bintang,” kata Fadhli.

Sementara anggota DPRD Kalsel, Muhammad Yani Helmi mengapresiasi terobosan Dislutkan dalam mengembangkan budi daya bibit ikan jenis baru tersebut. Menurutnya, ini menjadi prestasi yang membanggakan bagi pihaknya sebagai pengawas kebijakan pemerintah daerah.

Menurut Yani, meski masih terdengar asing di telinga masyarakat, ikan bawal bintang ini dipercaya mampu meningkatkan imunitas tubuh.

“Dilihat dari perkembangan ikan ini sangat sehat dan apabila dikonsumi imunitas tubuh kita akan meningkat. Ini patut dicoba, apalagi di tengah pandemi Covid-19 sekarang kita perlu asupan makanan yang sehat,” ujarnya.

Yani berharap, ikan bawal bintang ini nantinya dapat dibudidayakan di sejumlah daerah di Kalsel, karena berpotensi besar dalam sektor perikanan.


Editor : Abay Fadillah Akbar