Tambah PCR, Kalsel Percepat Pengetesan Spesimen untuk Tekan Penularan Covid-19

Antara ยท Kamis, 23 Juli 2020 - 09:37 WIB
Tambah PCR, Kalsel Percepat Pengetesan Spesimen untuk Tekan Penularan Covid-19
Ilustrasi virus corona (Antara)

BANJARBARU, iNews.id - Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan akan mempercepat proses pengetesan spesimen dengan menambah PCR atau polymerase chain reaction. Tujuannya agar spesimen tidak menumpuk di laboratorium.

"Alhamdulilah, saat ini spesimen yang menumpuk telah terurai, sehingga hasil swab pasien bisa segera diketahui," kata Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kalsel HM Muslim, Rabu (22/7/2020).

PCR adalah pemeriksaan laboratorium untuk mendeteksi keberadaan material genetik dari sel, bakteri, atau virus. Saat ini, PCR juga digunakan untuk mendiagnosis penyakit Covid-19, yaitu dengan mendeteksi material genetik virus Corona.

Material genetik yang ada di dalam setiap sel, termasuk di dalam bakteri atau virus, bisa berupa DNA (deoxyribonucleic acid) atau RNA (ribonucleic acid). Kedua jenis materi genetik ini dibedakan dari jumlah rantai yang ada di dalamnya.

Saat ini, kata dia, kemampuan laboratorium PCR di Kalsel telah mencapai 1.218 per hari meningkat tajam dibanding sebelumnya. Namun hanya mampu 600 spesimen per hari.


Editor : Faieq Hidayat