Operasi Pasar Murah di Banjarmasin Setop Sementara karena PSBB

Antara ยท Sabtu, 09 Mei 2020 - 13:08 WIB
Operasi Pasar Murah di Banjarmasin Setop Sementara karena PSBB
Ilustrasi pasar murah (Foto: iNews/Suryono)

BANJARMASIN, iNews.id - Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Banjarmasin meniadakan pasar murah selama Ramadahan. Hal ini sesuai dengan penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) untuk memutus penularan virus corona (Covid-19).

"Baru sekali sempat kita gelar pasar murah di Kelurahan Sungai Miai Banjarmasin Utara, selanjutnya kita setop sementara," ujar Plt Kepala Disperindag Kota Banjarmasin Norbiansyah di Banjarmasin, Jumat (8/5/2020).

"Untuk menghindari terjadinya kerumunan, karena aturan PSBB kan demikian," katanya lagi.

Norbiansyah juga mengungkapkan, saat ini adanya penyaluran bantuan sembako dari pemerintah kota. Sehingga tidak cocok jika diadakan pasar murah secara bersamaan.

"Kan pasar murah ada biayanya, kalau bantuan dari pemerintah kota kan gratis, nanti ada dugaan macam-macam," ucapnya.

Namun pasar murah akan dilaksanakan lagi usai PSBB. Banjarmasin akan mengakhiri PSBB pada 21 Mei ini.

"Kemungkinan kalau sudah dekat hari raya tidak digelar lagi," ujarnya.

Sebenarnya, pasar murah dijadwalkan digelar di 23 titik atau kelurahan. Namun hanya sekali digelar, karena harus disetop lantaran ada penerapan PSBB sejak 24 April atau awal Ramadan lalu. Menurutnya, gelar pasar murah ini bekerja sama dengan distributor.

"Jadi satu paket yang berisi minyak dua liter dan gula dua kilogram itu hanya dijual Rp33.000 karena disubsidi sebesar Rp15.000," katanya.


Editor : Nani Suherni