Misteri Harta Karun Soekarno hingga Perburuan Kapal Flor de La Mar yang Simpan 60 Ton Emas

Andin Danaryati ยท Senin, 08 Agustus 2022 - 12:20:00 WITA
Misteri Harta Karun Soekarno hingga Perburuan Kapal Flor de La Mar yang Simpan 60 Ton Emas
Misteri Harta Karun Soekarno hingga Perburuan Kapal Flor de La Mar yang Simpan 60 Ton Emas (Foto: Ilustrasi/Flickr)

JAKARTA, iNews.id - Harta karun Soekarno hingga kini masih misterius. Indonesia punya deretan harta karun yang legendaris namun hingga kini belum terungkap keberadaannya dan ditemukan.

Salah satu yang paling legendaris, harta karun Kapal Flor de La Mar. Di dalam kapal ini disebut-sebut terdapat 60 ton emas dengan total mencapai 2,6 miliar dolar Amerika Serikat atau senilai Rp34,6 triliun. 

Nusantara dipercaya memiliki banyak harta karun yang masih tersembunyi. Ini merupakan hasil dari sejarah yang panjang, mulai dari masa kerajaan, perang, penjajahan hingga saat ini. Tidak heran para pemburu mengincar harta karun di Indonesia yang disebut masih terkubur dalam perut bumi. 

Namun, hingga saat ini, masih banyak misteri yang menyelimuti keberadaan harta karun tersebut. 

Berikut cerita soal harta karun di Indonesia dilansir dari berbagai sumber;

1. Harta Karun Soekarno

Harta karun Soekarno hingga kini masih misterius. (Foto: Istimewa)
Harta karun Soekarno hingga kini masih misterius. (Foto: Istimewa)

Bung Karno disebut-sebut sebagai presiden terkaya dari semua deretan presiden yang memimpin Indonesia hingga saat ini. Diperkirakan, total kekayaannya menyentuh angka Rp55 triliun. 

Harta miliknya ini meliputi tanah, rumah, hingga logam mulia yang kabarnya tersimpan rapi dalam bank-bank Swiss. Setelah sang presiden wafat pada 12 Juni 1970, banyak oknum yang mengaku dapat memberikan petunjuk mengenai keberadaan harta karun milik Bung Karno. 

Pada masa Orde Baru, Soeharto dikabarkan pernah membentuk sebuah tim untuk memburu harta karun yang dimaksud. Namun, hingga saat ini, harta karun Soekarno yang dimaksud tidak pernah ditemukan.

2. Harta Karun VOC di Pulau Onrust

Peninggalan dari bangkai kapal dagang VOC yang pernah ada di Indonesia. (Foto: Istimewa)
Peninggalan dari bangkai kapal dagang VOC yang pernah ada di Indonesia. (Foto: Istimewa)

Pulau kecil yang terletak di Teluk Jakarta ini pada awalnya dikenal sebagai tempat masuknya kapal jika akan menepi di Batavia. Menurut sumber, sebelum VOC sepenuhnya bangkrut karena korupsi yang dilakukan oleh pegawainya, ada harta yang disembunyikan di sekitar Jakarta. 

Lokasinya tidak diketahui. Beberapa sumber mengatakan bahwa harta tersebut disembunyikan di Pulau Onrust, dan sumber lain mengatakan kalau harta tersebut disimpan di bunker yang tersebar di Batavia. Namun, hingga saat ini keberadaan harta karun VOC di Pulau Onrust tersebut masih belum ditemukan.

Editor : Nani Suherni

Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel: