Menteri Muhadjir Kaget Dengar Wali Kota Banjarmasin Ingin Beli Alat PCR Sendiri

Antaranews ยท Sabtu, 20 Juni 2020 - 15:21 WIB
Menteri Muhadjir Kaget Dengar Wali Kota Banjarmasin Ingin Beli Alat PCR Sendiri
Rapat Kesiapan Wilayah Perkotaan Menyambut Masyarakat Produktif dan Aman Covid-19 yang dilakukan melalu video teleconfren (Foto: Antaranews Kalsel/prokom/hasan z)

BANJARMASIN, iNews.id - Wali Kota Banjarmasin Ibnu Sina berencana membeli unit polymerase chain reaction (PCR) secara mandiri. Rencana itu rupanya membuat Menteri Koordinator Pemberdayaan Manusia dan Kebudayaan (PMK) RI, Muhadjir Effendy kaget.

Keinginan Ibnu Sina untuk membeli PCR secara mandiri itu disampaikan saat Rapat Kesiapan Wilayah Perkotaan Menyambut Masyarakat Produktif dan Aman Covid-19 melalui video teleconfren. Ibnu Sina menjelaskan, beberapa waktu lalu pemerintah pusat telah memberikan bantuan dua unit PCR ke Pemprov Kalsel.

Mengingat masih tingginya angka masyarakat yang terpapar virus tersebut, maka keberadaan dua alat PCR itu dirasakan belum maksimal untuk Kota Banjarmasin. Muhajir Effendy pun memastikan apa yang disampaikan Ibnu Sina akan menjadi catatan tim gugus dan dari beberapa kementerian.

“Nanti saya kira ada beberapa catatan dari Pak Ketua Tim Gugus Tugas. Dari pendidikan ada Mendikbud, Menteri Agama untuk madrasah. Semua nanti memberikan catatan, termasuk Pak Menkominfo, Wakil menteri keuangan dan Menteri Menkopolhukam,” ujarnya, Jumat (19/6/2020).

Dalam kesempatan itu, Ibnu Sina juga menegaskan Pemkot Banjarmasin sangat serius menangani penyebaran virus tersebut. Salah satunya pada Ramadan, melakukan PSBB tahap pertama, yang kemudian dilanjutkan dengan PSBB tahap kedua dan ketiga.

“Paska pelaksanaan PSBB, kami melanjutkannya dengan merapkan status Tanggap Darurat, tetapi kami tetap khawatir masyarakat merasa sudah terbebas, padahal kurva masih naik tajam,” katanya.


Editor : Nani Suherni