Masa Jabatan Berakhir, Ibnu Sina Kenang Kebijakan Diet Kantong Plastik di Banjarmasin

Antara ยท Kamis, 18 Februari 2021 - 11:29:00 WITA
Masa Jabatan Berakhir, Ibnu Sina Kenang Kebijakan Diet Kantong Plastik di Banjarmasin
Wali Kota Banjarmasi Ibnu Sina. (Foto: Dok Humas Pemkot Banjarmasin)

BANJARMASIN, iNews.id - Wali Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan Ibnu Sina bangga karena kebijakan diet kantong plastik di kotanya diakui keberhasilannya. Hal itu diucapkan Ibnu Sina saat berakhirnya masa jabatannya sebagai Wali Kota Banjarmasin, Rabu (17/2/2021).

Ibnu mengenang awal memimpin Ibu Kota Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) ini dengan mengeluarkan Peraturan Wali Kota (Perwali) nomor 18 tahun 2016 tentang Pengurangan Kantong Plastik.

"Dengan komitmen kuat dikoordinir Dinas Lingkungan Hidup (DLH) yang dulunya dipimpin Pak Hamdi, dipastikan bisa diterapkan, kita jalankan, ternyata bisa berhasil dengan baik," ujarnya.

Kota Banjarmasin, ucap Ibnu, bahkan menjadi kota yang berhasil dengan baik menerapkan aturan pengurangan kantong plastik tersebut tidak hanya diakui di Indonesia, namun hingga Asia Pasifik.

Bahkan, tutur Ibnu Sina, di dunia perguruan tinggi, kebijakan larangan pengadaan kantong plastik di toko dan pasar modern ini jadi bahan penelitian baik disertasi dan tesis.

"Kalau yang meneliti Perwali nomor 18 tahun 2016 ini untuk disertasi calon doktor (S3) itu tidak kurang ada tiga, kalau untuk tesis (S2) itu banyak, ada dari UI, UGM dan Berawijaya," kata Ibnu Sina.

Editor : Nani Suherni

Halaman : 1 2