Lanal Banjarmasin Proses Hukum Kapal Muat CPO di Perairan Teluk Kumai

Nani Suherni ยท Sabtu, 14 Mei 2022 - 12:47:00 WITA
Lanal Banjarmasin Proses Hukum Kapal Muat CPO di Perairan Teluk Kumai
Lanal Banjarmasin Proses Hukum Kapal Muat CPO di Perairan Teluk Kumai (Foto: Istimewa)

PANGKALAN BUN, iNews.id - Lanal Banjarmasin memproses hukum kapal TB Royal TB 3/TK Royal 3 bermuatan CPO (Crude Palm Oil) sebanyak 2.817.870 Kg. Sebelumnya sudah dilakukan pemeriksaan dan penyelidikan selama sepekan.

Kapal tersebut merupakan hasil tangkapan KRI Singa – 651 di Perairan Teluk Kumai pada koordinat 03° 06″ 30 LS–111° 38″ 30 BT. Kapal tersebut ditangkap atas dugaan pelanggaran pelayaran.

Selama dilaksanakan pemeriksaan dan pendalaman kepada ABK, muatan dan dokumen–dokumen kapal maupun muatan didapat kekurangan berupa kelengkapan dokumen kapal. Salah satunya tidak memiliki sertifikat keselamatan, tidak memiliki sertifikat anti teritib, tidak memiliki surat izin bongkar muat barang berbahaya.

Kemudian tidak memiliki sertifikat manajemen keselamatan, sertifikat dasar kecakapan di laut salah satu ABK sudah Expired dan AIS (Automatic Identification System) kapal tidak berfungsi.

Dari beberapa kesalahan tersebut berupa kesalahan administrasi dan merupakan kewenangan KSOP (Kantor Syahbandar Otoritas Pelabuhan) termasuk dalam penjatuhan sanksinya.

Selanjutnya, bertempat di kantor KSOP kelas IV Kumai Kotawaringin Barat Kalimantan Tengah dilaksanakan serah terima pelimpahan barang bukti dan penandatanganan berita acara dari Lanal Banjarmasin kepada KSOP yaitu berkas perkara kapal dan muatan TB. Royal TB 3/TK.

Editor : Nani Suherni

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: