Korban Banjir di Tanah Bumbu Akan Direlokasi

Antara · Minggu, 16 Mei 2021 - 10:51:00 WITA
Korban Banjir di Tanah Bumbu Akan Direlokasi
Banjir di Tanah Bumbu (Foto: Antara)

BANJARMASIN, iNews.id - Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan (Kalsel) bakal merelokasi warga korban banjir di Sinar Bulan.  Lokasi tersebut sudah menjadi langgangan banjir hampir setiap tahun.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Tanah Bumbu Eryanto Rais mengatakan hampir setiap tahun, sekitar 58 kepala keluarga Desa Sinar Bulan tersebut mengungsi untuk menghindari banjir yang terjadi di desa mereka.

"Kemarin Bapak Bupati Tanah Bumbu dr Zairullah Azhar turun langsung ke lapangan, dan wawancara dengan pengungsi, yang intinya mereka siap untuk direlokasi," katanya, Minggu (16/5/2021).

Relokasi tersebut, ujar dia, khusus bagi sekitar 58 kepala keluarga yang kini mengungsi di SMP IV Satui. Menurut Eryanto, hampir setiap tahun rumah ke 58 kepala keluarga tersebut selalu terendam banjir, sehingga perlu ada solusi jangka panjang, salah satunya yakni relokasi.

Rencananya, ke 58 kepala keluarga tersebut direlokasi tetap di daerah Desa Sinar Bulan, namun di lokasi yang lebih tinggi, seperti di sekitar sekolah tempat mereka mengungsi saat ini.

"Nanti melalui kepala desa, rencana tersebut akan ditindaklanjuti, termasuk rencana untuk mencari lahan yang tepat yang bebas banjir. Setelah itu, baru dipersiapkan pembangunan rumahnya," katanya.

Editor : Nani Suherni

Halaman : 1 2