Kisah Mistis Kota Saranjana, Peradaban Maju di Kalsel yang Tak Kasat Mata

Rizky Agustian ยท Sabtu, 19 November 2022 - 16:48:00 WITA
Kisah Mistis Kota Saranjana, Peradaban Maju di Kalsel yang Tak Kasat Mata
Kisah mistis Kota Saranjana yang diyakini sebagai peradaban maju di Kalsel namun tak bisa dilihat dengan mata telanjang. (Foto: Ilustrsai/Pexels/Pixabay)

JAKARTA, iNews.id - Setiap daerah di Indonesia memiliki kisah mistis tersendiri. Beberapa di antaranya telah melegenda dan dipercaya secara turun temurun.

Tak terkecuali cerita tentang Kota Saranjana. Peradaban tak kasat mata itu menjadi kisah yang kerap diceritakan dari satu generasi ke generasi lainnya.

Kota Saranjana diyakini dipenuhi gedung-gedung megah hingga transportasi maju, serta ditinggali oleh masyarakat kelas atas. Namun, kota ini tak bisa dilihat dengan mata telanjang.

Tak diketahui secara pasti di mana letak kota ini. Namun dikutip dari kanal YouTube Nadia Omara, Kota Saranjana diklaim berlokasi di Desa Oka-oka, Kecamatan Pulau Laut Kepulauan, Kabupaten Kotabaru. 

Diceritakan, seorang naturalis bernama Salomon Muller memproduksi peta Kalimantan pada 1845 lalu. Peta yang dinamakan Tanjung Saranjana itu dipercaya menggambarkan Kota Saranjana.

Pada peta tersebut, Kota Saranjana disebut terletak di Pulau Laut berbatasan dengan Pulau Kerumputan dan Pulau Kijang.

Selain tak kasat mata, pulau yang diklaim sebagai lokasi Kota Saranjana dikenal angker. Banyak orang yang menghilang secara misterius ketika berkunjung ke sana.

Selain dipenuhi gedung bertingkat dan transportasi maju, Kota Saranjana didiami oleh masyarakatnya yang tampan dan cantik.

Editor : Rizky Agustian

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: