Keren, Warga Desa Jingah Bujur HSU Ciptakan Kapal Penghancur Eceng Gondok

Nani Suherni ยท Rabu, 22 Juni 2022 - 16:13:00 WITA
Keren, Warga Desa Jingah Bujur HSU Ciptakan Kapal Penghancur Eceng Gondok
Warga Desa Jingah Bujur HSU Ciptakan Kapal Penghancur Eceng Gondok (Foto: Dok Pemkab HSU)

HULU SUNGAI UTARA, iNews.id - Warga Desa Jingah Bujur Kecamatan Haur Gading Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) menciptakan kapal penghancur eceng gondok. Langkah ini diambil karena tanaman itu menggangu mereka saat mencari ikan di rawa-rawa.

Prakarsa warga disambut positif oleh dari berbagai pihak. Hal itu terbukti saat inovasi kapal pencacah tanaman gulma tersebut diikutsertakan dalam lomba Teknologi Tepat Guna (TTG) tingkat Provinsi Kalimantan Selatan.  Bahkan sebelumnya menjadi pemenang lomba inovasi TTG Tingkat Kabupaten HSU Tahun 2022.

Kepala Desa Jingah Bujur Hanafi, mengatakan mayoritas mata pencarian penduduknya yakni petani dan nelayan tangkap. Mereka merasa terganggu karena lahan untuk mengais rezeki ditumbuhi gulma.

"Namun, selama tiga tahun terakhir ini lahan pertanian dan perikanan masyarakat kita terganggu dengan tanaman gulma (enceng gondok)." kata Hanafi, dikutip dari portal resmi Pemkab HSU, Rabu (22/6/2022).

Atas dasar permasalahan tersebut, akhirnya pemerintahan desa bersama warga melakukan musyawarah guna mengatasi masalah tersebut. Musyawarah itu, terpilih satu inovasi dari salah satu warga, yaitu Sugianor, untuk pembuatan kapal penghancur atau pencacah eceng gondok.

"Kita optimalkan dana desa refocusing anggaran, ketahanan pangan dana desa sebanyak 20 persen, kita maksimalkan untuk membuat inovasi alat penghancur gulma." kata Hanafi.

Editor : Nani Suherni

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: