Jumlah Desa Sangat Tertinggal di Kalsel Sisa 13

Deny M Yunus ยท Kamis, 13 Agustus 2020 - 18:20 WITA
Jumlah Desa Sangat Tertinggal di Kalsel Sisa 13
Jumlah desa sangat tertinggal di Provinsi Kalimantan Selatan, tersisa 13 dari 254 desa. (Foto iNews/Deny M Yunus).

BANJARMASIN, iNews.id - Jumlah desa sangat tertinggal di Provinsi Kalimantan Selatan, tersisa 13 dari 254 desa. Sedangkan desa tertinggal sisa 223 dari 1.184 desa.

Data tersebut berdasarkan Indeks Desa Membangun (IDM) di Kalsel selama 4 tahun sejak 2016 hingga 2020. IDM merupakan potret perkembangan pembangunan pedesaan yang dikembangkan oleh Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggai dan Transmigrasi sejak 2015.

IDM menggunakan indeks ketahanan sosial, ekonomi dan indeks ketahanan ekologi/lingkungan. Indikator itu dikembangkan berdasarkan konsepsi bahwa untuk menuju desa maju dan mandiri, perlu kerangka kerja pembangunan berkelanjutan.

Aspek pembangunan desa menjadi indikator seperti sosial, ekonomi dan ekologi menjadi kekuatan dan kemampuan desa untuk mensejahterakan kehidupan masyarakat.

"IDM Kalsel terus meningkat dalam empat tahun terakhir. Hasilnya, sudah ada enam desa mandiri di provinsi ini," kata Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Kalsel, Zulkifli, Kamis (13/8/2020).


Editor : Faieq Hidayat