Ini 6 Jenis Makanan Penurun Kolesterol usai Kebanyak Makan Daging Kurban

Siska Permata Sari · Rabu, 21 Juli 2021 - 12:19:00 WITA
Ini 6 Jenis Makanan Penurun Kolesterol usai Kebanyak Makan Daging Kurban
Ilustrasi pengecekan kolesterol

JAKARTA, iNews.id - Tingginya kadar kolesterol jahat atau LDL ini akan meningkatkan resiko penyakit jantung hingga stroke. Usai menghabiskan banyak daging saat Idul Adha, anda juga dianjurkan mengonsumsi enam makanan penurun kolesterol.

Dokter James Beckerman, MD, FACC, seorang ahli penyakit jantung di Providence Heart and Vascular Institute, St. Vincent Medical Center menjelaskan enam makanan yang bisa membantu menurunkan kolesterol. Melansir dari Webmd, Selasa (20/7/2021), berikut daftarnya;

1. Alpukat

Kandungan asam oleat di dalam alpukat dapat membantu menurunkan kolesterol jahat dalam aliran darah. Selain bisa ditambahkan bersama sayur-sayuran pada hidangan salad. Anda bisa juga mengonsumsinya dalam bentuk minyak alpukat, yang memiliki rasa manis yang halus sekaligus berfungsi sebagai pengganti minyak yang lebih sehat.

2. Dark chocolate

Mengandung flavonoid, yakni antioksidan yang membantu menurunkan kadar LDL. Namun ingat, cukup dimakan dalam jumlah sedang, sebab cokelat juga tinggi lemak jenuh dan gula.

3. Teh 

Teh hitam dan teh hijau memiliki zat antioksidan kuat yang bisa menurunkan kadar kolesterol. Teh hijau biasanya mengandung lebih banyak antioksidan ini, karena terbuat dari daun yang tidak difermentasi dan lebih sedikit diproses. Bila dikonsumsi bersama krim dan gula, pakai takaran secukupnya.

Editor : Nani Suherni

Halaman : 1 2