Demi Bangun Rumah Singgah, Polisi di Kalsel Kumpulkan Gaji Selama 12 Tahun

Antara ยท Senin, 23 November 2020 - 09:57:00 WITA
Demi Bangun Rumah Singgah, Polisi di Kalsel Kumpulkan Gaji Selama 12 Tahun
Mess Selayar "Sapo to Ha'le" berdiri megah di Banjarmasin. (Foto: Antara/Firman)

BANJARMASIN, iNews.id - Bripka Putra Andika Pratama yang merupakan putra daerah Kabupaten Kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan (Sulsel) berhasil mewujudkan impiannya membangun rumah singgah bagi pemuda sekampung halaman di perantauan di Banjarmasin, Kalimantan Selatan (Kalsel). Uang pembangunan itu dia kumpulkan selama 12 tahun dari gajinya.

Polisi yang berdinas Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Kalsel itu menyisihkan sedikit demi sedikit uang gajinya untuk membeli rumah permanen berlantai dua. Rumah singgah itu pun kini dijadikan Asrama Selayar "Sapo to Ha'le".

"Alhamdulilah mess yang jadi impian kami semua pemuda Selayar akhirnya terwujud hari ini," ucap Andika di Banjarmasin.

Dia menceritakan, impian memiliki rumah singgah dengan status hak milik berawal dari dirinya yang merantau ke Banjarmasin. Dia dapat penempatan tugas sebagai anggota Polda Kalsel tahun 2008 dari penerimaan dan pembentukan Bintara Polri di Polda Sulawesi Selatan.

Kemudian Andika berinisiatif mendirikan Mess Selayar bersama beberapa pemuda satu kampung. Tanpa memiliki cukup uang, kontrakan pun jadi pilihan.

Sejak 2008 hingga 2020 ini, terhitung sudah tujuh kali berpindah tempat tinggal dari satu lokasi ke lokasi lainnya di "Kota Seribu Sungai" Banjarmasin.

Berbekal semangat tak kenal putus asa, polisi alumni pendidikan Bintara Polri angkatan 29 ini pun terus menabung dan menggerakkan para pengurus dan anggota Mess Selayar untuk turut membantu semampunya.

Hingga akhirnya rumah singgah impian tersebut terwujud nyata di tahun ini dengan tebusan harga ratusan juta rupiah yang dibeli Andika berlokasi di Jalan Purnasakti jalur X Komplek Surya Sakti, Kelurahan Basirih, Kecamatan Banjarmasin Barat, Kota Banjarmasin itu.

"Rumah singgah ini tidak hanya untuk putra daerah Selayar tapi kami terbuka bagi siapa saja yang ingin menginap. Bahkan, sering ada dari Pulau Jawa juga menginap. Prinsipnya kami saling membantu sesama perantauan," ujarnya.

Editor : Nani Suherni