Cegah Corona, Kapolda Kalsel Perintahkan Personel Sambangi Zona Merah di Banjarmasin

Antara ยท Sabtu, 11 Juli 2020 - 10:25 WIB
Cegah Corona, Kapolda Kalsel Perintahkan Personel Sambangi Zona Merah di Banjarmasin
Kapolda Kalsel Irjen Pol Nico Afinta. (Foto Antara).

BANJARMASIN, iNews.id - Kapolda Kalimantan Selatan, Irjen Pol Nico Afinta meminta anggotanya bergerak cepat membantu memutus rantai penyebaran Covid-19 di Kota Banjarmasin. Hingga saat ini ada 4 kelurahan di Banjarmasin masuk zona merah.

"Kami sudah perintahkan Direktur Binmas menyambangi kelurahan yang dikategorikan zona merah. Didata semuanya baik yang positif, PDP atau PDP sehingga tergambar penyebarannya dengan jelas," kata Irjen Pol Nico Afinta di Banjarmasin, Jumat (10/7/2020) malam.

Menurut Kapolda, masyarakat setempat harus patuh dan benar-benar disiplin menerapkan protokol kesehatan. Tujuannya agar virus corona tidak semakin menyebar.

"Jika ada yang merasa mengalami sakit gejala Covid-19 segera periksakan diri ke puskesmas. Kalau hasil tes cepat reaktif harus mau menjalani karantina dan segera menjalani tes swab," kata dia.

Nico menegaskan, hanya masyarakat itu yang bisa memutus penyebaran virus corona melalui sikap disiplin menggunakan masker, menjaga jarak dan rajin mencuci tangan.

"Jadi tidak usah kumpul-kumpul dulu. Kalau tidak perlu, di rumah saja tidak perlu keluar. Tolong taati anjuran pemerintah karena wabah ini belum berakhir dan justru terus meningkat penyebarannya," kata dia.

Adapun langkah lain yang diperintahkan Kapolda yaitu mendata warga yang masuk zona merah penyebaran Covid-19 untuk diberikan bantuan akibat terdampak pandemi. Bantuan nantinya diserahkan ke Lurah masing-masing untuk dibagikan warga terdampak corona.

Berdasarkan data Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kota Banjarmasin, kasus positif mencapai 1.549 orang, masih dirawat 1.063 orang, sembuh 334 orang dan meninggal 128 orang.

Empat kelurahan dikategorikan zona merah yaitu Kelurahan Teluk Dalam di Banjarmasin Tengah 71 kasus dan 12 kematian, Kelurahan Pemurus Dalam Kecamatan Banjarmasin Selatan 64 kasus dan 7 kematian, Kelurahan Pemurus Baru Kecamatan Banjarmasin Selatan 58 kasus dan 7 kematian serta Kelurahan Pekapuran Raya di Kecamatan Banjarmasin Timur 76 kasus dan 7 kematian.


Editor : Faieq Hidayat