Banjir Kalsel, Jembatan Astambul-Mataraman Ambruk Putuskan Trans Kalimantan

Antara ยท Kamis, 14 Januari 2021 - 14:28:00 WITA
Banjir Kalsel, Jembatan Astambul-Mataraman Ambruk Putuskan Trans Kalimantan
Kondisi Jembatan Astambaul-Mataraman di Kabupaten Banjar yang ambruk, Kamis (14/1/2021). (Foto: Istimewa)

TAPIN, iNews.id - Banjir yang melanda sejumlah wilayah di Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) menggerus jembatan Astambul-Mataraman hingga ambruk. Akibatnya, jalur Trans Kalimantan di Kabupaten Banjar terputus.

Pemkab Tapin berkoordinasi dengan pihak perusahaan tambang batu bara membuka jalur alternatif untuk lalu lintas kendaraan dari Hulu Sungai - Banjarmasin.  

Kasat Lantas Polres Tapin, Iptu Guntur Setyo Pambudi mengatakan, saat ini terdapat banyak lubang di jalur alternatif lintas tambang batu bara.

"Jalur alternatif sedang dilakukan perbaikan. Saat ini masih berlangsung koordinasi pengalihan arus lalu lintas," ujarnya, Kamis (14/1/2021).

Kondisi jalur Trans Kalimantan di titik Marabahan - Margasari di Kabupaten Tapin yang belum diaspal sekitar 5 km memprihatinkan, banyak mobil yang terperangkap lumpur.

Sejumlah jalur armada angkutan batu bara dibuka untuk umum agar tetap bisa beraktivitas meskipun jembatan ambruk. Jalur itu di antaranya milik PT Talenta di km 71, PT Hasnur di km 94 dan PT Binuang Mitra Bersama km 88.

Editor : Maria Christina

Halaman : 1 2