9 Makanan Penurun Asam Lambung, Efektif jika Dikonsumsi dengan Benar

Sintia Putri Balqis ยท Jumat, 30 September 2022 - 14:11:00 WITA
9 Makanan Penurun Asam Lambung, Efektif jika Dikonsumsi dengan Benar
Ilustrasi, makanan penurun asam lambung tenyata sangat beragam dan sangat baik dikonsumsi oleh penderita asam lambung. (Foto: Istimewa).

BANJARMASIN, iNews.idMakanan penurun asam lambung tenyata sangat beragam. Makanan ini sangat baik dikonsumsi oleh penderita asam lambung. 

Terjadinya asam lambung disebabkan beberapa faktor, salah satunya karena katup kerongkongan bawah (LES) melemah atau rusak. Selain mengonsumsi obat, bagi penderita gangguan kesehatan pada lambung tersebut juga bisa mengonsumsi makanan yang dapat menurunkan asam lambung.

Apa saja makanan penurun asam lambung? Berikut deretan makanan penurun asam lambung:

1. Pisang

Baik untuk penderita asam lambung. Pisang mengandung kadar asam rendah dan memiliki serat tinggi. 

Kandungan serat yang tinggi, bisa memberikan efek kenyang lebih lama dan mencegah keinginan makan berlebih. Makan secara berlebihan dapat memicu kenaikan asam lambung.

Selain itu, pisang mengandung kalium yang dapat meningkatkan produksi lendir yang fungsi untuk melindungi dinding lambung.

2. Ikan

Memiliki kadar asam dan lemak yang rendah. Ikan menjadi salah satu makanan penurun asam lambung. 

Namun, perlu memilah juga dalam mengonsumsi ikan dengan kadar asam dan lemak rendah, di antaranya ikan salmon, ikan gurame, lele dan tongkol.

Ikan baik untuk kesehatan. Namun, tetap harus memperhatikan cara pengolahannya. Bagi penderita asam lambung, disarankan untuk menghindari ikan yang dimasak dengan cara digoreng karena dapat memicu kenaikan asam lambung. Selain itu, bumbu yang asam dan pedas juga bisa membuat asam lambung naik. 

Editor : Kurnia Illahi

Halaman : 1 2

Follow Berita iNewsKalsel di Google News

Bagikan Artikel: