5.164 Relawan Bertugas di Puncak Haul Guru Sekumpul

Nani Suherni ยท Rabu, 25 Januari 2023 - 12:41:00 WITA
5.164 Relawan Bertugas di Puncak Haul Guru Sekumpul
Muhammad Zaini Abdul Ghani atau dikenal dengan Abah Guru Sekumpul ulama besar asal Kalimantan Selatan (Foto: Istimewa)

BANJARBARU, iNews.id  - Sebanyak 5.164 relawan akan bertugas di Haul Guru Sekumpul ke-18, Kamis (26/1/2023). Ada 59 posko didirikan di sepanjang acara di Kecamatan Martapura, Banjar.

Untuk mendukung aktivitas para relawan itu, Dinas Sosial (Dinsos) Provinsi Kalsel bekerja sama dengan Disdikbud Kalsel mendirikan dua posko utama pelayanan dapur umum lapangan bagi jemaah. Selain dapur umum, mereka juga mendirikan posko koordinasi relawan di halaman Kantor Kecamatan Martapura Timur.

Plt Kepala Dinsos Provinsi Kalsel, Muhammadun diwakili Kepala Bidang Perlindungan dan Jaminan Sosial, Achmadi mengatakan, pendirian posko sudah dilaksanakan sejak Minggu (22/1/2022) lalu. Posko itu juga berfungsi untuk menyiapkan makanan bagi relawan yang bekerja.

“Yang terdata ditempat kita hingga saat ini sebanyak 59 posko relawan, masing-masing dengan total 5.164 orang yang akan bertugas pada pelaksanaan puncak Haul,” kata Achmadi dilansir dari website resmi Pemprov Kalsel, Rabu (25/1/2023).

Dapur umum sendiri, dikatakan Achmadi terdapat 69 lingkup di Martapura Barat, Timur dan Kota. Selebihnya juga terdapat rest area di masing-masing di kabupaten. Yang sudah melapor yaitu Banjar, Banjarbaru, Banjarmasin dan Batola.

“Teknis pembagian pada hari H yaitu sebelum Salat Magrib, dimana ketika jamaah berbondong-bondong ke titik acara dan sesudah pelaksanaan Haul kita juga siapkan makanan. Sebanyak 5.000-10.000 makanan kita siapkan dari posko utama,” ucap Achmadi.

Editor : Nani Suherni

Halaman : 1 2

Follow Berita iNewsKalsel di Google News

Bagikan Artikel: