Haul Guru Sekumpul Bakal Dihadiri Jutaan Jemaah, DLH Kalsel Fokus Penanganan Sampah usai Acara

Nani Suherni · Rabu, 25 Januari 2023 - 10:04:00 WITA
Haul Guru Sekumpul Bakal Dihadiri Jutaan Jemaah, DLH Kalsel Fokus Penanganan Sampah usai Acara
Dokumen Haul Abah Guru Sekumpul tahun 2019 (Foto: Instagram/Abah Guru Sekumpul)

BANJARBARU, iNews.id - Haul ke-18 Abah Guru Sekumpul dilaksanakan besok, Kamis (26/1/203) diprediksi bakal dihadiri jutaan jemaah.  Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) berfokus pada penanganan sampah saat penyelenggaran dan usai acara.

Kepala DLH Provinsi Kalsel, Hanifah Dwi Nirwana mengatakan, sebagaimana pengalaman tahun-tahun sebelumnya, kegiatan Haul Guru Sekumpul ini sangat mendapatkan atensi dari seluruh lapisan masyarakat Indonesia maupun internasional. Hal ini tenth berdampak juga pada produksi sampah.

“Jumlah jemaah yang datang pada saat kegiatan tahun hampir jutaan, sehingga tonase sampah sungguh luar biasa. Tahun lalu karena kegiatannya normal dan kami melakukan treatment khusus untuk pengelolaan sampah, maka kami memberi stiker pada truk yang mengangkut sampah dari kegiatan tersebut,” kata Hanifah, dikutip dari portal resmi Pemprov Kalsel, Rabu (25/1/2023).

Dikatakan Hanifah, pada tahun ini pihaknya juga akan memberlakukan hal tersebut karena dirinya meyakini produksi sampah sangat luar biasa. DLH Kalsel pun menyediakan kantong TPS.

“Mengingat kegiatan Haul di Teluk Selong yang mana jalan relatif kecil sehingga peluang mobilisasi truk sampah maupun pikap sampah sangat terbatas, sehingga kami menyiapkan kantong TPS yang ada di beberapa titik di lokasi sekitaran kegiatan, yaitu di Desa Tungkaran untuk wilayah titik acara, kemudian di Desa Indrasari untuk wilayah Sekumpul kami perdayakan TPS di sana serta di Astambul,” ucap Hanifah.

Editor : Nani Suherni

Halaman : 1 2

Follow Berita iNewsKalsel di Google News

Bagikan Artikel: