5 Tempat Makan Khas di Banjarmasin

Zahra Diva Fakhirah ยท Kamis, 07 Oktober 2021 - 17:54:00 WITA
5 Tempat Makan Khas di Banjarmasin
Ada 5 tempat makan khas di banjarmasin yang wajib didatangi dan dicoba kelezatan menunya. (Foto: Istimewa/Instagram)

JAKARTA, iNews.id - Ada 5 tempat makan khas di banjarmasin yang wajib didatangi. Banjarmasin dikenal sebagai salah satu kota di Provinsi Kalimantan Selatan yang menawarkan beragam wisata serta kuliner yang sangat menggugah selera. 

Sembari menikmati berbagai destinasi unik, kamu wajib menyicipi kuliner khas di Banjarmasin agar perjalanan kamu terasa lebih lengkap. Berikut rekomendasi tempat makan yang menyajikan kuliner khas Banjarmasin telah tim iNews rangkum dibawah ini :

1. Warung Makan Soto Banjar Bang Amat

Rumah makan yang satu ini merupakan tempat legendaris bagi warga lokal maupun wisatawan untuk menyantap soto banjar dengan cita rasa yang autentik dan kaya akan rempah-rempah. Rumah makan ini berlokasi di Jl Benua Anyar No 6 Banjarmasin. Suasana makana kan lebih nyaman karena posisi kedainya berada di bantaran sungai. 

Harga menu warung makan Soto Banjar Bang Amat relatif murah dari sate ayam dengan harga Rp18.000 hingga harga termahal pada Soto Banjar spesial penuh dengan harga Rp33.000. Warung makan ini buka pukul 08.00-18.00 WIB, jadi kamu sebaiknya datang pagi atau siang agar tidak kehabisan.

Foto @reinaldolauw
Foto @reinaldolauw

2. Nasi Itik Gambut Mama Baiti

Selain kuliner Soto Banjar, Nasi Itik Gambut juga merupakan kuliner nikmat khas Banjarmasin yang bisa bikin kamu ketagihan. Kuliner ini sangat unik dan sederhana karena hanya terdiri dari nasi dan lauk dengan bumbu habang atau bumbu kari. Nasi yang digunakan menggunakan beras Banjar yang khas.

Lokasi warung makan ini ada di Jalan Ahmad Yani KM 14, Kabupaten Banjar, wilayah yang biasa disebut warga lokal sebagai Daerah Gambut. Estimasi harga makanan di sini dari Rp27.000 hingga Rp31.000.

Foto: Instagram/istimewa
Foto: Instagram/istimewa

3. Warung Pondok Bahari 

Jika kamu mencari restoran dengan konsep lesehan yang buka 24 jam dengan pilihan beragam kuliner khas Banjarmasin, Warung Pondok Bahari bisa menjadi pilihan tepat untukmu. Estimasi harga juga murah, yakni dari Rp4.000 hingga Rp13.000.

Lokasi tempat makanan ini di Jl Simpang Kaptem Pierre Tendean No 108, RT 16 RW.02, Gadang, Banjarmasin Tengah, Kalimantan Selatan.

Foto: Warung Pondok Bahari
Foto: Warung Pondok Bahari

4. Ketupat Kandangan di Warung Kaum

Kuliner yang satu ini sangat menggoyang lidah dengan bahan dasar ketupat dan berkuah santen dengan bumbu rempah yang menyatu dalam kuah. Ketupat Kandangan juga dilengkapi ikan gabus yang dibakar langsung dengan arang sehingga menambah cita rasa khas. Estimasi harga mulai dari Rp13.000 hingga Rp18.000

Lokasi tempat makanan ini berada di Jl Bumi Mas Raya KM 4,5 Komplek Bumi Pertiwi 1 dan Sasana Santi Banjarmasin.

Foto: Warung Kaum
Foto: Warung Kaum

5. Sate Tulang di Warung Soto dan Sate Pahlawan

Kuliner Sate Tulang merupakan kuliner terkenal yang banyak sekali diburu wisatawan saat mengunjungi Banjarmasin. Walaupun sate ini bernama Sate Tulang, namun sate ini terbuat dari kulit ayam, atau leher ayam.

Warung makan ini berlokasi di Jl Pahlawan, Seberang Mesjid, Kecamatan Banjarmasin Tengah, Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan. Warung Warung Soto dan Sate Pahlawan buka dari pukul 09.00 hingga 16.00 waktu setempat.

Foto: Benedicta
Foto: Benedicta

Editor : Dani M Dahwilani

Follow Berita iNewsKalsel di Google News

Bagikan Artikel: