WHO Prediksi Vaksin Corona Ditemukan 1 Tahun

Anton Suhartono ยท Jumat, 26 Juni 2020 - 14:10 WIB
WHO Prediksi Vaksin Corona Ditemukan 1 Tahun
Direktur Jenderal Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) Tedros Adhanom Ghebreyesus. (Foto AFP).

BRUSSEL, iNews.id - Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memprediksi vaksin virus corona akan ditemukan dalam setahun. Saat ini WHO memiliki lebih dari 100 kandidat vaksin virus corona, satu di antaranya fase pengembangan.

"Berharap bahwa akan ada vaksin, perkiraannya mungkin kita mendapatkan vaksin dalam 1 tahun. Jika dipercepat, bisa jadi kurang dari itu, dalam beberapa bulan. Itulah yang dikatakan para ilmuwan," kata Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus seperti dikutip dari Reuters, Jumat (26/6/2020).

Hal itu disampaikan Tedros Adhanom saat konferensi video dengan perwakilan komisi kesehatan Parlemen Eropa. Dia juga mengingatkan wabah virus corona secara global semakin memburuk.

Jumlah korban terinfeksi secara global diperkirakan menembus 10 juta orang pada pekan depan, dengan kasus kematian 500.000.

Hal yang semakin mengkhawatirkan, kata Tedros, belum ada kepastian mengenai kesiapan vaksin virus corona. Dia tak yakin vaksin akan tersedia dalam setahun.

“Sangat sulit untuk memastikan bahwa kita akan mendapatkan vaksin. Kita tidak pernah punya vaksin untuk virus corona. Jadi ketika ini ditemukan, kita berharap akan ditemukan, akan menjadi yang pertama,” kata Tedros.

Lebih lanjut dia mengingatkan setelah pandemi berakhir, masyarakat dunia seharusnya tidak kembali ke kondisi sebelum wabah terjadi. Dia mengajak masyarakat internasional membangun kehidupan normal baru yang lebih adil, lebih hijau, dan membantu mencegah perubahan iklim.


Editor : Faieq Hidayat