Viral Jasad Guru Ngaji Masih Utuh Meski Terkubur 17 Tahun, Warga Lantunkan Takbir

Yudi Heryawan Juanda ยท Senin, 17 Januari 2022 - 12:38:00 WITA
Viral Jasad Guru Ngaji Masih Utuh Meski Terkubur 17 Tahun, Warga Lantunkan Takbir
Prosesi pemindahan makam almarhum guru ngaji Muhya bin Rudia. (Foto: tangkapan layar video viral/YUDY HERYAWAN JUANDA)

SUBANG, iNews.id - Jasad guru ngaji yang masih usuh meski terkubur selama 17 tahun. Bahkan warga yang ikut mengangkat jenazah itu langsung melantunkan takbir.

Diketahui, fenomena itu terjadi kepada guru ngaji Muhya bin Rudia, warga Dusun Cikadu, Kecamatan Tanjungsiang, Subang, Jawa Barat. Jasad almarhum guru ngaji Muhya bin Rudia ini dipindahkan pada Minggu (9/1/2022). 

Namun video berisi rekaman prosesi pemindahan makam berdurasi 2 menit 50 detik tersebut baru viral setelah diunggah di media sosial pada Kamis 14 Januari 2022. Jasad almarhum Muhya dipindahkan lantaran lokasi makam awal dianggap kurang layak bagi seorang guru ngaji.

Makam awal berada di samping kandang kambing dan banyak hewan ternak di sekitarnya. Keluarga ahli waris dan warga kemudian menggelar pertemuan. Akhirnya, disepakati makam guru ngaji tersebut dipindahkan ke Tempat Permakaman Umum (TPU) Pasirnaan tak jauh dari lokasi makam awal. 

Prosesi pemindahan makam almarhum Muhya bin Rudia dihadiri oleh keluarga ahli waris dan warga. Saat prosesi berlangsung, warga melantunkan sholawat dan doa. Ketika jasad almarhum diangkat dari dalam liang lahat, warga mengucapkan tabkir, Allahuakbar.

Selanjutnya, warga membungkus kembali jasad dengan kain kafan yang masih baru, putih dan bersih. Dalam video terlihat jasad almarhum yang terbungkus kain kafan masih utuh. Namun kain kafan terlihat kotor oleh tanah.

Editor : Nani Suherni

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: