Terungkap Kebakaran Supermarket Tewaskan 327 Orang, Pengunjung Dikunci agar Tak Mencuri

Okezone, Lutfia Dwi Kurniasih ยท Kamis, 28 Oktober 2021 - 15:16:00 WITA
Terungkap Kebakaran Supermarket Tewaskan 327 Orang, Pengunjung Dikunci agar Tak Mencuri
Ilustrasi kebakaran supermarket. (Foto: Ist)

ASUNCION, iNews.id - Kebakaran supermarket di Asuncion, Paraguay yang menewaskan 327 orang terungkap. Sejumlah pengunjung rupanya dikunci agar pengunjung tidak bisa mencuri.

Kebakaran yang terjadi pada 1 Agustus 2004 itu menjadi peristiwa paling bersejarah masa damai Paraguay. Di Supermarket Ycua Bolanos itu ratusan orang tewas terpanggang.

Peristiwa kebakaran kala itu diketahui berada di kawasan komersial yang terdiri atas restoran, kantor hingga parkir. Kebakaran bahkan memicu dua kali ledakan di lantai dasar. 

Sebanyak 327 orang tewas dan lebih dari 400 lainnya mengalami luka-luka dalam kebakaran di sebuah supermarket di Asuncion, Paraguay. 

Kebakaran membuat situasi mencekam. Para pengunjung dan karyawan menyelamatkan diri. Namun berdasarkan info banyak pengunjung yang terjebak hingga tidak bisa menyelamatkan diri. 

Api berasal dari sebuah cerobong yang rusak dan menyebabkan ledakan dan kebakaran yang menyebar cepat di supermarket berlantai tiga itu. Api berkobar selama tujuh jam sebelum dapat dipadamkan oleh petugas pemadam kebakaran.

Tingginya jumlah korban tersebut diduga karena pemilik supermarket memerintahkan penjaga keamanan untuk mengunci pintu saat kebakaran terjadi. Hal itu dilakukan untuk mencegah penjarahan dan orang yang belum membayar belanjaannya keluar. 

Akibat peristiwa itu, pemilik supermarket dan anaknya dijadikan tersangka. Pemilik supermarket diketahui bermana Juan Pio Paiva dan anaknya, Victor Daniel akhirnya ditangkap sebagai tersangka dan harus menjalani persidangan. Penjaga keamanan Daniel Areco pun turut dalam persidangan.

Editor : Nani Suherni

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: