Tahun 2021, Pemprov Kalsel Fokus Pulihkan Ekonomi Daerah 

Antara · Jumat, 04 Desember 2020 - 16:00:00 WITA
Tahun 2021, Pemprov Kalsel Fokus Pulihkan Ekonomi Daerah 
Plt Gubernur Kalimantan Selatan Rudy Resnawan bersama Kapolda dan Danrem. (Foto Antara).

BANJARMASIN, iNews.id - Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) mengupayakan pemulihkan kinerja ekonomi daerah pada 2021. Selama pandemi Covid-19, ekonomi daerah di tahun 2020 sempat melambat.

"Pengaruh ekonomi global juga sangat mempengaruhi stabilitas ekonomi di Kalimantan Selatan," kata Plt Gubernur Kalimantan Selatan Rudy Resnawan.

Dia menjelaskan kondisi pandemi itu menyebabkan berkurangnya permintaan atas produksi batu bara maupun hasil pertanian sehingga perekonomian di Kalimantan Selatan terkontraksi selama dua triwulan berturut-turut.

"Kita ketahui bersama kondisi berat yang terjadi di Indonesia berdampak pada pertumbuhan ekonomi Kalimantan Selatan. Triwulan tiga terkontraksi 4,68 persen, triwulan kedua 2,63 persen," ujarnya.

Meski demikian, menurut dia, optimisme harus dibangun dan menjadi motivasi dalam menghadapi tantangan perekonomian ke depan. Upaya yang harus dilakukan dengan mencari sumber pertumbuhan ekonomi baru dengan menambah nilai tambah sumber daya alam atau melakukan hilirisasi

Salah satu hilirisasi yang diupayakan adalah batu bara yang dapat dijadikan kokas untuk meningkatkan nilai jual dibandingkan dalam bentuk mineral mentah.

Editor : Nani Suherni

Halaman : 1 2