Swab Antigen Bakal Jadi Syarat Belajar Tatap Muka, DPRD Kalsel: Siapa Tanggung Biaya? 

Antara · Sabtu, 16 Oktober 2021 - 07:13:00 WITA
Swab Antigen Bakal Jadi Syarat Belajar Tatap Muka, DPRD Kalsel: Siapa Tanggung Biaya? 
Ilustasi swab antigen yang menyasar para pelajar (Foto: iNews/Eddie Prayitno)

BANJARMASIN, iNews.id - Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kalimantan Selatan Muhammad Yusuf Effendi menyebutkan, siswa yang mengikuti pembelajaran tatap muka (PTM) wajib swab antigen terlebih dahulu. Kebijakan ini sesuai edaran dari gugus Covid-19 Kalsel.

"Ketentuan itu berdasarkan edaran dari Gugus Covid-19 Kalsel," katanya, Jumat (15/10/2021).

Dia menuturkan, mungkin untuk swab antigen tersebut bisa bekerjasama/meminta bantuan Dinas Kesehatan (Dinkes) setempat. Diketahui, pelaksanaan PTM di Kalsel terutama SMA,SMK dan SLB yang pengelolaannya menjadi kewenangan pemerintah provinsi(Pemprov)/Disdikbud sudah mulai Oktober 2021.

Sementara itu, Ketua Komisi IV Bidang Kesra DPRD Kalimantan Selatan, Lutfi Saifuddin menyebutkan syarat swab antigen bagi siswa yang mengikuti PTM akan memberatkan orang tua siswa dan pemborosan kalau memakai fasilitas pemerintah.

Menurut Saifuddin di Banjarmasin, Kamis, dengan kondisi ekonomi seperti sekarang dan keadaan keuangan pemerintah daerah yang masih terbatas, persyaratan vaksinasi Covid-19 dan penerapan protokol kesehatan ketat cukup untuk pelaksanaan PTM.

"Masa berlaku swab antigen cuma 1X24 jam, jadi percuma untuk persyaratan bagi yang mau mengikuti PTM, berarti sama saja dengan membuang anggaran," ujarnya.

Editor : Nani Suherni

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: